Bagaimana membuat Hostpot di Router Mikrotik?

A. Pendahuluan

Assalamualaikum Wr.Wb.. Hai sobat it?? Gimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan baik ya!!
Oke jadi pada kesempatan kali ini saya akan coba sharing kepada sobat it semua, dan pembahasan saya kali ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita bahkan saya pun menggunakan nya setiap hari.. Yakni HOSTPOT..
Ketika kita mendengarkan kata Hotspot.. apa yang terbayang dipikiran kalian??
Gratisan??..hehe
Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan salah satu fitur yang terdapat di Mikrotik ini, yakni hostpot.
Lantasss apa itu hostpot? Bagaimana cara Konfigurasi hostpot pada Mikrotik?
Bagi Sobat IT yang sudah penasaran akan Hostpot, yuk kita simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini

B. Latar Belakang

Penggunaan Hostpot sekarang ini sudah banyak digunakan di berbagai tempat. Seperti di sekolah, kantor, mall, bahkan dijalan sekalipun. Tidak heran memang jika kita sudah mengetahui nya. Namun apakah kita pernah terbesit dipikiran kita bagaimana cara membuat hostpot? Apakah kita hanya cukup sebagai pengguna saja? Nah menurutku ada lebih baiknya jika kita mengetahuinya bagaimana cara membuat Hostpot

C. Maksud dan Tujuan

Adapun tujuan saya menulis artikel ini disebabkan karena keinginan saya untuk sharing sehingga diharapkan kita dapat memahami mengenai hostpot, sekaligus diharapkan kita mampu untuk mengimplementasikanya dengan cara membuat hotspot di Mikrotik.

D. Alat dan Bahan

Beberapa peralatan yang harus kita siapkan sebelum mengkonfigurasi Hostpot pada Mikrotik, yakni sebagai berikut :
- Kabel UTP
- Routerboard Mikrotik
- PC/Laptop

E. Pembahasan


1. Pengertian Hostpot

Sebelum kita melalukan konfigurasi pada Mikrotik ada lebih baiknya jika kita mengetahui mengenai definisi dari Hostpot itu sendiri.
Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa hostpot merupakan salah satu fitur yang terdapat di Mikrotik. Nah hostpot ini sering digunakan di area2 publik seperti yang sudah saya sebutkan diatas.
Dan ketika kita menggunakan hostpot maka router akan melakukan Autentikasi ke klient yang menggunakan system hostpot untuk menjaga Jaringan tetap dapat dijaga walaupun bersifat public.

JADI.. APA ITU HOSTPOT??

Jadi dapat kita simpulkan untuk pengertian hostpot, sebagai berikut :
Hotspot adalah salah satu fitur yang terdapat di Mikrotik yang digunakan untuk memberikan layanan akses jaringan (Internet/Intranet) di Public Area dengan media kabel maupun wireless. Dan Hotspot menggunakan Autentikasi untuk menjaga Jaringan tetap dapat dijaga walaupun bersifat public.



2. Cara Kerja Hostpot

Jadi ketika kita mencoba membuka halaman web maka router akan mengautentifikasi dan mengalihkan nya ke hal login. Disini kita diharuskan untuk mengisi user login dan password nya. Dan setelah router mengautentifikasi klient nya maka yang pertama router akan membuka halaman web yang diminta sebelumnya, Membuka popup halaman status dan User dapat menggunakan akses jaringan.

HotSpot setup wizard

Jadi Mikrotik sudah menyediakan Wizard untuk melakukan setup Hotspot System.  Wizard ini berupa menu interaktif yang terdiri dari beberapa
pertanyaan mengenai parameter setting hotspot.


3. Konfigurasi Hostpot pada Mikrotik

Baik lah kali ini kita akan mencoba membuat sebuah Hostpot pada Mikrotik. Beriku langkah – langkah membuat Hostpot pada Mikrotik :


Langkah pertama kita buka terlebih dahulu Mikrotik nya, disini saya menggunakan Winbox untuk me-remote routerboard mikrotik.
Setelah kita masuk melalui winbox maka akan muncul tampilan utama RouterOS Lalu Kita masuk ke menu wireless maka akan mucnul tampilan seperti pada gambar berikut





Setelah masuk ke menu wireless seperti pada gambar diatas, Di sana terlihat bahwa interface wlan masih disable. Maka untuk mengakifkan nya kita klik wlan kemudian pilih tombol ceklis berwarna biru seperti padaa gambar dibawah ini






 Langkah selanjutnya adalah kita akan mensetting wlan dengan mode ap-bridge.
Jadi di setting nya ap-bridge ini digunakan ketika kita akan menggunakan Hostpot melalui sambungan Wifi. Disini kita bisa mengatur band dan juga mengganti SSID nya





 Berikutnya kita akan membuat sebuah Hostpot, cara nya masuk ke munu ip>>hostpot
Maka akan muncul tampilan menu hostpot. 
Di hostpot ini sudah disediakan yang nama nya HotSpot setup wizard
Jadi Mikrotik sudah menyediakan Wizard untuk melakukan setup Hotspot System.  Wizard ini berupa menu interaktif yang terdiri dari beberapa pertanyaan mengenai parameter setting hotspot. 

Jadi disini kita masuk ke Hostpot Setup kemudian pertama kali kita akan dimintai untuk memilih interface mana yang akan dijadikan untuk mengakses hostpot.
Disini saya memilih menggunakan kabel maka saya memilih interface ether1 untuk mengakses hostpot. Jika kita ingin menggunakan wifi maka kita pilih interface wlan1 yang sudah disetting sebelumnya. Setelah kita memilih interface nya kita klik next untuk melanjutkan..



 Kemudian masukan Ip address, disini saya menggunakan ip address 192.168.10.1/24
Jangan lupa centang Masquarade Network jika ingin melakukan NAT.





 Berikutnya adalah IP Pool. Disini kita settiing sesuai dengan keinginan kita ip address mana yang akan kita berikan kepada Klient.





Langkah selanjutnya akan ada Pilihan Select Certificate. Karena saya tidak mempunyai sertificate maka saya pilih none





Selanjutnya SMTP server, kita lewat saja.. klik next untuk melanjutkan





 Isi DNS Server.. disini saya menggunakan DNS Server 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
Klik next untuk melanjutkan





Berikutnya kita akan diminta untuk mengisi DNS Name, kita bisa mengisi nya sesuai dengan keinginan kita. Sebagai contoh disini saya menambahkan dns name yaitu : sedanglatihan.net





 Dan yang pertanyaan terakhir kita diminta untuk mengisi user login dan password yang nantinya akan digunakan router untuk mengautentifikasi klient jika mengakses internet melalui hostpot. Disini kita bisa mengisi nya sesuai dengan keinginan kita. Sebagai contoh disini saya menambahkan user login yaitu sedang dengan password latihan





Setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini





Langkah selanjutnya kita akan mencoba mengakses internet melalui web browser.
Nah yang terjadi ketika saya mengakses internet maka dengan sendirinya muncul tampilan untuk login.
Nah artinya bahwa pc saya belum terautentifikasi oleh router.. maka dia akan mengalihkan ke halaman login hostpot.
Disini kita harus mengisi user login dan password maka dari itu kita akan bisa mengakses sebuah internet melalui hostpot.



Nah diatas merupakan tampilan login yang dimiliki oleh Router MIkrotik.
Bisakah kita merubahnya?
Tentu bisa, jika kita ingin mempercantik tampilan login di Mikrotik dengan menggunakan bahasa pemrograman. Tentu nya disini kita harus sudah mengusai bahasa pemrograman.
Kali ini saya asumsikan bahwa temen - temen sudah mengedit file login hostpot nya. jadi disini kita hanya akan memasukan nya saja pada Mikrotik

Okeh jadi untuk merubah halaman login Hostpot pada Mikroik, berikut langkah - langkah yang harus dilakukan


- Buka terlebih dahulu winbox nya.
Pastikan bahwa file halaman login hostpot Mikrotik sudah dibuat.


Disini kita bisa mengirimkan file login hostpot mikrotik dengan cara drag and drop.

perhatikan gambar dibawah ini





Nah langkah berikutnya kita harus mengatur di menu Server Profiles pada menu Hostpot.

Pada bagian Html Directory pilih file yang sudah kita upload tadi.
berikut contoh nya





Setelah selesai, maka akan muncul tampilan halaman login hostpot seperti pada gambar dibawah ini







F.      Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa hostpot merupakan sebuah fitur dari mikrotik yang digunakan untuk menyediakan akses internet di area public. Dan salah satu keunggulan dari hostpot sendiri adalah dia dapat mengautentifikasi klient mana saja yang dapat akses internet melalui hostpot. Dia akan mengautentifikasi nya dengan cara si client haruslah mengisi user login dan password nya terlebih dahulu. Dengan kata lain untuk mengakses internet menggunakan hostpot hal terpenting adalah kita harus mengetahui user login dan password nya





G.      Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Sobat IT semuanya dan mohon maaf jika ada kekurangan.



Terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments: