KONSEP ROUTING | routing part1

A. Pendahuluan

Asslamu`alaikum Wr.Wb

Halo Sobat IT!!!!!
Kembali lagi bersama saya di blog yang sama namun tentunya akan ada pembahasan yang berbeda. Apakah itu??
ya, pada kali ini saya ingin sharing kepada temen - temen semua tentang Routing.
hmmm.. sebenarnya apa sih itu Routing?? dan untuk apa Routing digunakan??
Sampai disini pasti temen - temen sudah penasaran bukan tentang Routing??
Baiklah dari pada penasaran, yuk kita simak pembahasan tentang Routing yang akan saya jelaskan dibawah.. Selamat membaca!


B. Latar Belakang

 Saat ini diberbagai penjuru dunia pasti sudah mengenal yang nama nya Jaringan komputer. Tidak heran memang saat ini kebutuhan akan jaringan komputer sangatlah tinggi, baik itu kebutuhan individu, kelompok bahkan kelas perusahaan sekalipun.
Jaringan komputer ini memang sangat dibutuhkan karena dengan adanya Jaringan komputer ini mampu memudahkan segala aktivitas.
Dahulu,untuk mengirimkan pesan harus melalui kantor pos dan bisa sampai dalam waktu berhari  - hari, berminggu - mingu bahkan berbulan bulan.
Berbeda halnya dengan sekarang yang hanya mengirimkan pesan melalui gadge nya dan melalui sebuah appikasi.
Namun apakah pernah terbayang bahwa jaringan yang kompleks ini ternyata terdiri dari sub sub jaringan dan tiap - tiap jaringan tersebut memiliki IP Address yang berbeda - beda.
Nah bagaimana bisa jika setiap jaringan ini sebenarnya tidak selalu didalam satu segmen network yang sama namun semunya bisa terhubung antara satu dengan yang lain?
Nah untuk hal tersebut digunakan lah fungsi ROUTING.




C. Maksud dan Tujuan

Adapun Maksud dan Tujuan saya yaitu mengenalkan kepada pembaca tentang Konsep Routing, sehingga diharapkan dapat mampu mengimplementasikan nya didalam pembuatan jaringan yang berbeda network



D. Pembahasan

APA ITU ROUTING?
ya, seperti apa yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa Routing ini digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda network.
Jadi dia mengatur jalur antar network yang berbeda berdasarkan IP Address sebagai dasar keputusan untuk meneruskan sebuah paket data.

Dan untuk melakukan ROUTING dibutuhkan sebuah perangkat yang dapat meroutingkan.. yaitu ROUTER.
Jadi dia dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi (packet) akan dilewatkan. Apakah ditujukan untuk host lain yang satu jaringan atau berbeda jaringan. Jika paket-paket ditujukan untuk host pada jaringan yang lain maka router akan meneruskannya ke jaringan tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu jaringan maka router akan menghalangi paket-paket keluar, sehingga paket-paket tersebut tidak akan masuk jaringan yang lain.

Untuk Routing sendiri ada 2, yaitu Routing yang diatur secara manual ( Routing Static) maupun Routing yang dilakukan secara Dynamic atau istilah nya Dynamic Routing (  RIP, OSPF, BGP)

- Dynamic Routes
dibuat secara otomatis, biasa nya dia akan menambahkan informasi Routing ketika kita manambahkan IP Address pada sebuah interface dan akan terdaftar di Route list dengan nama DAC ( Dynamic Active Connected ).
Selain itu tipe Dynamic Routing ini pun bisa didapat dari protokol Routing seperti RIP, OSPF, BGP.

- Static Route
Berbeda halnya dengan Dynamic route, pada tipe static route ini dia diatur secara manual ke mana trafic tertentu akan disalurkan



E. Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan dari Routing.
Routing adalah sebuah fungsi dari perangkat Router yang mampu untuk mengatur jalur antara network yang berbeda segmen.
Routing memiliki 2 tipe, yaitu static route ( yang diatur secara manual ) dan Dynamic Route ( yang didapat secara otomatis )


F. Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan

Wassalamu`alaikum Wr.Wb

0 comments: