VPN di Mikrotik. apa itu VPN?

 A. Pendahuluan

Assalamualaikum Wr.Wb.
Halo Sobat IT. Selamat datang kembali di blog saya tentu nya akan membahas seputar Teknologi dan Informasi.
Baiklah apa yang akan saya bahas disini..??
Okeh sesuai yang ada dijudul, jadi pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang VPN ( VIrtual Private Network ).
Apa itu VPN? Untuk apa VPN digunakan? 
Nah itulah beberapa pertanyaan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini

 

B. Latar Belakang

Komputer yang terhubung antara satu dengan yang lain nya merupakan definisi dari Jaringan Komputer. Bagaimana Jika kita diharuskan menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lain dalam jarak yang sangat berjauhan. 
Tentu akan sangat memakan biaya yang besar jika antara satu node dihubungkan dengan node yang lain dalam jarak yang sangat jauh menggunakan fiber optik. Nah disini ada solusi terbaik yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan yang lain tanpa harus menggunakan fiber optik. Yaitu kita dapat membuat sebuah jalur Tunnel atau terowongan menggunakan jaringan publik atau jaringan internet sehingga dapat membentuk Interkoneksi antara kedua titik sehingga data yang dikirim pun akan benar - benar aman.
Nah salah satu fitur Tunnel yang dapat kita bangun menggunakan Router Mikrotik yaitu VPN





C. Maksud dan Tujuan

Adapun Maksud dan Tujuan nya yaitu memami konsep VPN dengan begitu selanjutnya akan saya implementasikan konsep VPN tersebut menggunakan Router MIkrotik





D. Hasil Yang Diharapkan

Nah dengan Maksud dan Tujuan diatas maka diharapkan dapat mampu memahami pengertian VPN, Fungsi VPN, Jenis - jenis VPN yang Support di Router Mikrotik





E. Pembahasan

APA ITU VPN?

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah  jaringan komputer dimana koneksi antar perangkatnya (node) memanfaatkan jaringan public.
Jadi  VPN Ini membentuk sebuah jalur terowongan dimana dia menggunakan jaringan Internet, sehingga yang diperlukan untuk menghubungkan jaringan satu dengan yang lainya kita hanya perlu memiliki koneksi internet.
Dengan membentuk jalur terowongan ini membuat data yang dikirim melalui VPN akan dienkripsi sehingga meminimalisir kemungkinan data akan diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Mikrotik  support beberapa metode VPN seperti PPTP, L2TP, SSTP, dan OpenVPN. Dengan adanya beberapa opsi ini, kita perlu memilih tipe VPN yang cocok untuk jaringan kita. Secara umum semua type tersebut memiliki fungsi yg sama. Yang membedakan adalah autentikasi dan enkripsi yg digunakan

Nah dibawah ini akan saya jelaskan masing - masing metode VPN

1. PPTP (Point to Point Tunnell Protocol)
 PPTP Merupakan salah satu metode vpn yang dalam hal konfigurasi nya sederhana. Selain itu juga kebanyakan dari Operating System sudah support PPTP Client, membuat Jenis PPTP ini paling tepat jika kita menginginkan kompatibilitas Client yang baik.
Tentu nya meskipun Konfigurasi PPTP ini sederhana, dengan menggunakan PPTP Ini data yang ditransmisikan akan dienkripsi menggunakan Microsoft Point-to-Point Encryption (MPPE). Proses enskripsi biasanya akan membuat ukuran header paket yang ditransmisikan akan bertambah. Jika kita monitoring, traffick yang melewati tunnel PPTP akan mengalami overhead � 7%.


2. L2TP (Layer 2 Tunnel Protocol)
Jenis VPN yang satu ini merupakan pengembangan VPN Dari jenis PPTP yang ditambah dengan L2F.
Dan karena ini merupakan pengembangan dari PPTP, Jenis enkripsi pada L2TP sama dengan enkripsi pada PPTP.
Namun jika kita menginginkan pengamanan yang lebih baik, kita bisa mengkombinasikan nya dengan IPsec, menjadi L2TP/IPsec.
Namun untuk konfigurasinya pun lebih sulit dibanding dengan PPTP. Dan untuk client nya pun harus sudah support IPsec



3. OpenVPN
Biasanya jenis VPN yang satu ini digunakan ketika kita membutuhkan kemanan data yang tinggi. Dan untuk konfigurasi nya pun akan lebih sulit dibandingkan dengan jenis VPN PPTP. Namun, konfigurasi yang sulit belum tentu tidak bisa dilakukan. pasti bisa.. selama kita giat untuk belajar dan terus belajar.
Karena memang perlu diingat satu hal, semakin suatu  jaringan itu aman, maka konfigurasi yang harus dilakukan nya pun semakin kompleks
Dan untuk OpenVPN sendiri dia bisa dibangun hampir pada semua OS dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. OpenVPN menggunakan algoritma sha1 dan md5 untuk proses autentikasi, dan menggunakan beberapa chiper yaitu blowfish128, aes128, aes192 dan aes256.


F. Kesimpulan

Nah itulah beberapa penjelasan tentang VPN.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa VPN ini merupakan suatu jaringan yang dibentuk menggunakan jaringan internet, namun dia membentuk terowongan atau ada interface atau jalur yang terselubung alias lorong sehingga data yang dikirim akan aman


G. Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan


Wassalamu`alaikum Wr.Wb




referensi :
- http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=61
- http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=43

0 comments: