Memasang portal di Debian server 8.6 jessie

A. Pendahuluan


Asalamualaikum Wr.wb..
Halo selamat malam sobat IT!! Bagaimana kabar kalian?? Semoga dalam keadaan baik ya.. Okeh setelah sebelumnya kita sudah melakukan installasi  cms-sekolahku di debian server dimana cms-sekolahku ini berisi tentang data sekolah atau pun juga kumpulan informasi seputar sekolah berbasis web, dengan begitu cms-sekolahku  dapat diakses melalui web browser.
Selain itu juga cms-sekolahku ini digunakan untuk berbagai kepentingan sekolah seperti PPDB Online dll.
Namun disini saya tidak akan membahas tentang cms-sekolahku karena pembahasan tersebut sudah saya bahas pada postingan sebelumnya. Jadi bagi temen - temen yang kepo alias ingin tau tentang cms-sekolahku silahkan bisa mengunjungi blog saya sebelumnya.

Oke jadi kali ini kita mau ngapain ya?? Mungkin dari tadi temen - temen ada yang bingung sebenarnya kita mau ngapain gitu kan. Okeh akan saya jelaskan yang akan kita lakukan pada pertemuan kali ini.

Jadi sesuai yang ada dijudul, kali ini kita akan memasang portal di debian server...
Wuuuiihh portal.. Maksud nya gimana sih?
Oke jadi portal disini tuh bukanlah portal kaya yang didepan sekolah atau yang didepan gedung..wk
Tapi portal disini merupakan pintu gerbang yang didalmnya terdiri dari sub menu yang apabila di klik akan masuk ke sebuah web site yang dituju.

Dibawah ini merupakan contoh dari portal











Nah kurang lebih portal yang kita maksud disini ada pada gambar diatas. Portal diatas merupakan contoh portal yang saya buat sebenarnya dengan htnl sederhana sih. Jadi temen - temen bisa membuat nya sendiri sesuai keinginan dan selera dari temen - temen tapi tentu nya kita sudah harus mengetahui terlebih dahulu html dan css.



B. Latar Belakang

Postingan saya kali ini dilatar belakangi dengan ada adanya keinginan saya membuat portal yang nantinya dapat diterapkan disekolah sehingga portal ini dapat menyediakan kandungan informasi yang dapat diakses oleh warga sekolah dengan berbagai macam perangkat, seperti pc, laptop maupun handphone sekalipun



C. Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan saya kali ini yaitu memasukan portal yang sudah di buat kedalam debian server sehingga dapat diakses melalui suatu jaringan yang terhubung didalam ruang lingkup area sekolahan dengan demikian warga sekolah baik itu guru maupun siswa dapat mencari informasi yang dibutuhkan

D. Alat dan Bahan

Sebelum kita memasang portal ke dalam debian server tentunya kita harus menyiapkan alat - alat serta bahan - bahan yang diperlukan
Baik lah alat dan bahan tersebut meliputi sebagai berikut :
- Pc / laptop yang sudah terinstall debian server (Disini saya menggunakan Debian server 8.6)
- Koneksi internet / Koneksi dari Client menuju server
- File Portal zip


E. Waktu yang Dibutuhkan

Disini karena saya sudah mempunyai file untuk portal nya maka saya hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk Installasi dan Konfigurasi nya


F. Pembahasan


Berikut cara Installasi Portal di Debian server 8.6

1. Sebelum kita memasang portal di debian server. Kita masuk terlebih dahulu dengan menggunakan SSH. gunakan terminal client untuk melakukan remote SSH.
Cara nya ketikan perintah :
"ssh username@ipserver"
Atau
"ssh af@192.168.10.10"
Seperti pada gambar dibawah ini :









2. Setelah kita masuk, hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke direktori dimana file portal yang kita miliki disimpan.
Misalnya disini saya mempunyai file portal yang terletak di direktori /home/af
yang bernama 'portal'
Masuk ke direktori dengan menggunakan perintah 'cd'







3. Setelah kita tau letak dari file portal yang kita miliki, maka langkah selanjutnya yaitu kita pindahkan file tersebut dari direktori /home/af ke direktori /var/www/html

Selanjutnya kita pindah ke direktori /var/www/html
Disini saya sudah mengekstrak folder tersbut, namun jika temen - temen belum mengekstrak nya temen - temen bisa  ekstrak folder tersebut dengan menggunakan perintah
'unzip'
Jika temen - temen belum menginstall unzip silahkan install terlebih dahulu dengan perintah
'apt-get install unzip'











4. Setelah kita ekstrak folder nya.
Berikutnya kita beri hak milik dan hak akses dengan perintah
"chown www-data:www-data portal/"
"chmod -R 755 portal/










5. Langkah terakhir, kita bisa cek portal yang sudah kita pasang pada debian serve kita. cara nya melalui web browser ketikan : 'ipserver/portal'
Atau 192.168.10.10/portal


Dibawah ini merupakan portal yang sudah saya pasang pada debian server 8.6







G. Kesimpulan

Baiklah dapat kita simpulkan dari apa yang sudah kita lakukan kali ini.
Jadi intinya ketika kita memasang portal di server kemudian kita implementasi kan di sebuah sekolah, maka portal ini akan memudahkan warga sekolah baik itu siswa maupun guru untuk mencari referensi maupun informasi yang dibutuhkan.
Di zaman yang serba digital ini, kita bisa memanfaat kan kecanggihan teknologi saat ini sebagai media referensi belajar sehingga mampu mempermudah siswa dalam mencari referensi belajar



H. Penutup

Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan, jika ada kekurangan dari saya mohon maaf. Semoga yang saya sampai kan bisa bermanfaat bagi temen - temen semua

Sekian
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

0 comments: