TeamWork | Diaryku | Hari pertama





A. Pendahuluan
Assalamualaikum wr.wb..

Halo sobat IT?
Selamat datang kembali diblog saya tentunya akan membahas seputar Teknologi dan Informasi.
Dan kali ini saya akan sharing kepada teman - teman semua tentang apa yang sudah saya kerjakan pada kegiatan Prakerin saya yaitu di BLC TELKOM KLATEN.

Jadi kegiatan saya pada hari ini yaitu membuat sebuah Projek dimana proyek ini kami sebut sebagai Teamwork atau Kerja tim.
Dimana Teamwork kali ini yaitu mem uat sebuah Server yang digunakan untuk Salah satu Perusahaan Yang bernama "VTB Corporation"

Dan inilah beberapa anggota saya dari tim saya yang ada pada gambar dibawah ini.





Sebelumnya perkenalkan nama saya Rizky Aditya Putra. Pada gambar diatas teman - teman bisa melihatnya saya menggunakan baju berwarna merah.
 Disini saya menjadi Sysadmin yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan Server.

Jadi pada kali ini saya tidak akan membahas secara teknik nya, namun disini saya akan membahas tentang cara atau metode yang kami gunakan dalam membangun sebuah Server.
Selain itu juga saya akan membahas tentang manfaat dari Teamwork itu sendiri.
Baiklah untuk lebih jelas nya silahkan bisa membaca uraian yang akan saya jelaskan dibawah ini..
Selamat membaca!!

B. Latar Belakang
Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendirian. Ia pasti akan membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya sehari-hari. Tidak ada manusia yang dapat
memenuhi kebutuhannya sendiri. Dia pasti memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut seperti contohnya manusia butuh pak tani untuk menghasilkan beras
dan membutuhkan pedagang yang menjual beras agar bisa makan nasi. Seperti itulah manusia. Sehingga team work juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi ketika
berada di dunia kerja.

C. Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan saya yaitu suapaya dapat mengetahui cara membangun kerjasama tim. Selain itu, ini merupakan kesempatan untuk mencari ide kreatif serta sebagai sarana memecahkan masalah secara lebih objektif

D. Alat dan Bahan.
- 1 Buah pc dengan spesifikasi RAM 8 gb dan processor intel xeon
- Koneksi internet
- OS Debian

E. Waktu Pengerjaan
08:00 - 16:00

F. Pembahasan

Hari ini tepatnya hari Rabu tanggal 5 September 2018, saya bersama team saya yang beranggotakan 15 orang yaitu : Nanda, Rizka, Tio, Naufal, Awal, Irfan, Arham, Yayan, BIntang, Gunawan,
Fera, Bagus, Choirul, dan Munifah membuat planning kerja yaitu menginstallasi virtualisasi server di Virtual Box.

Pekerjaan ini dibimbing oleh Mas Rojz selaku penanggung jawab yang telah membagi siswa prakerin di blc telkom klaten menjadi 3 kelompok. Dan masing -masing kelompok memiliki tugas nya masing - masing dan dengan menggunakan OS yang berbeda beda.
Kelompok saya mendapatkan tugas membuat sebuah server menggunakan OS Debian Server.

Di Hari pertama ini kelompok saya melakukan sebuah diskusi. Yaitu perihal perencanaan server yang akan kami bangun.
Oh iya, sebelumnya kami memilih ketua kelompok nya terlebih dahulu. Karena Tim yang akan sukses jika didalamnya terdapat orang yang bertugas untuk melakukan menagement dan memimpin diskusi. Yang saya maksud disini adalah Leader atau Pemimpin

Setelah kami melakukan pemilihan pemimpin. Kami melakukan diskusi untuk membuat sebuah projek apa yang akan kami kerjakan dan apa manfaat nya bagi orang lain.
Disini ada banyak sekali pendapat yang pada akhirnya telah disetujui oleh kami semuanya bahwa kami akan Membuat sebuah Server yang diimplementasikan pada sebuah perusahaan.
Adapun untuk pembagian tugasnya sebagai berikut :
- Network engineer.
Yaitu dia yang akan membuat sebuah jaringan pada perusahaan  VTB Corporation.  Network Engineer tersebut adalah Choirul, Gunawan dan Arham

- Sysadmin
Yaitu dia yang mengurusi dibagian server nya.
Sysadmin tersebut adalah Fera, Awal, Irfan, Yayan dan Saya sendiri.

- Programer
Yaitu dia yang membuat sebuah website, Portal dan Halaman Login.
Mereka adalah Rizka, Bintang, Naufal dan Bagus

- Design
Yaitu dia yang mendesign sebuah halaman website, portal dan halaman login.
Selain itu, mereka juga yang bertugas untuk membuat design logo, dll.
Mereka adalah Tio dan Munifah

Dan satu lagi yaitu Nanda.
Dia bertugas menjadi seorang Leader dalam kelompok kami

Pada sore harinya, kami melakukan evaluasi team dan menghasilkan beberapa point penting yang harus kami benahi di hari selanjutnya, yaitu :
1. Pembagian kerja pada hari ini kurang maksimal sehingga masih adanya anggota team yang nganggur dan belum mendapatkan pekerjaan
2. Kurang efektifnya waktu kerja karena tidak terbagi ratanya pekerjaan
3. Pengerjaan portal yang tidak terfokus pada satu orang saja membuat bingungnya anggota team, manakah portal yang akan digunakan sebagai acuan utama
4. Kurangnya komunikasi antar sesama individu



G. Penutup
Sekian yang dapat saya sampai kan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments: