Membuat FTP Server di Debian 8


A. PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum Wr.Wb.. Hallo selamat selamat malam Sobat it!! Kembali lagi bersama saya diblog yang sama namun tentunya kali ini akan ada pembahasan yang berbeda..wuuuiihh apa yang berbeda nih? oke lah akan saya jelaskan apa yang akan menjadi pembahasan kita pada kali ini.. Jadi  kali ini kita akan membuat sebuah service dimana service ini digunakan untuk  sharing file / bertukar file didalam suatu jaringan. Dalam hal ini Client yang terhubung ke jaringan memungkinkan mereka untuk mendownload sebuah file dari server maupun untuk mengupload file ke sebuah server. Jadi intinya mereka dapat upload maupun mendownload file.
Oke pertanyaan nya.. bagaimana kita bisa membuat itu semua?
dan apa yang digunakan untuk membuat service seperti diatas?
yupp jawaban nya pasti bagi temen - temen yang sering bergelut didunia server sudah tau tentang FTP Server.. Apa itu FTP Server? Apa fungsi atau Kegunaan FTP Server? Dan Applikasi apa yang digunakan untuk membuat FTP Server? Bagaimana Cara Konfigurasi nya?
Pertanyaan - pertanyaan itulah yang akan menjadi pembahasan kita pada kali ini.
Baiklah tanpa menunggu lama lagi langsung saja kita simak penjelasan dibawah.. Selamat membaca!

B. LATAR BELAKANG
Disini kita implementasikan untuk sebuah sekolah. Sering kali didalam sebuah sekolah sukar untuk berbagi file semisal ebook pembelajaran. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini kita bisa membuat sebuah tempat dimana tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk berbagi file. Nah kali ini bagaimana cara nya supaya guru bisa membagikan sebuah materi pembelajaran kepada siswa melalui Ftp seerver dan Siswa tersebut dapat mendownload nya

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun Maksud dan Tujuan saya yaitu membuat sebuah sebuah FTP Server yang dapat digunakan disekolahan sehingga akan memudahkan berbagi file di suatu kelas antara guru dan siswa

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Dengan adannya tujuan diatas maka diharapkan kita dapat memahami fungsi/kegunaan ftp server dan cara membuat ftp server di debian 8

E. ALAT DAN BAHAN
 - Pc yang sudah terinstall debian 8
 - Koneksi dari Client Ke server

F. WAKTU PENGERJAAN
Untuk membuat FTP Server dibutuhkan waktu sekitar 1-2 jam

G. PEMBAHASAN

1. Pengertian FTP Server
FTP Server merupakan singkatan dari File Transfer Protokol.
Jadi FTP adalah...?
Sesuai dengan namanyan yaitu File Transfer Protokol. Yaitu sebuah Protokol yang dapat mentransfer file dalam sebuah jaringan. dengan demikian host yang terhubung ke jaringan (dalam hal ini siswa dan guru),
mereka dapat saling berbagi file baik itu file yang dikirim dari guru(upload) maupun siswa yang mengambil file dari guru(download).
Sebenernya sih ftp itu sama dengan protkol - protokol seperti Http, Smtp. Namun untuk Http itu dia bertugas dalam hal urusan web, Smtp bertugas untuk mail dan ftp sendiri bertugas untuk urusan pertukaran file.
Jadi intinya protokol yang bertugas dalam hal pertukaran file baik itu download ataupun upload di jaringan.

Nah untuk Membuat sebuah FTP Server maka disini kita membutuhkan applikasi yang dapat digunakan dalam hal urusan FTP Server. Sebenarnya ada dua aplikasi yang paling popular untuk ftp server pada distro debian. Yaitu ProFTPd dan Vsftpd. Namun Kali ini saya menggunakan Proftpd, karena dianggap
lebih mudah dan cepat dalam konfigurasinya.
Baiklah tanpa menunggu lama lagi dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara nya membuat sebuah FTP Server pada Debian 8

2. Installasi dan Konfigurasi ProFTPd
Pada proftpd ini ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan, pertama kali kita install terlebih dahulu proftpd nya. Namun sebelum itu saya ingin memberi tau terlebih dahulu tentang autentikasi yang bisa dilakukan di Proftpd ini. Kita bisa menggunakan dua cara satu User Authentication LogIn (Password Protected) dan yang kedua Anonymous LogIn (Guest OK)

Cara - cara installasi dan Konfigurasi Proftpd pada Debian 8, yaitu sebagai berikut :

a. Install proFTPd pada debian 8.
sebelum mengkonfigurasi nya hal yang pertama harus dilakukan yaitu menginstall proFTPd terlebih dahulu pada debian.. Cara nya adalah ketikan perintah dibawah ini :
"#apt-get install proftpd'

Gambar diibawah ini merupakan contoh installasi proftpd pada debian 8. jika ada pilihan (Y/n) seperti pada gambar dibawah ini maka ketikan y lalu enter.






Pada proses installasi akan muncul seperti pada gambar dibawah ini. pilih standalone lalu tekan tab setelah itu enter




b. Konfigurasi proFTPd.
Setelah installasi selesai.. maka saat nya kita konfigurasi proFTPd
untuk konfigurasi ftp server menggunakan aplikasi ini terdapat pada file “/etc/proftpd/proftpd.conf” baik untuk konfigurasi dengan password atau pun guest ok.
Untuk konfigurasi nya silahkan ketikan perintah :

"#nano /etc/proftpd/proftpd.conf"

Lalu tambahkan baris berikut pada bagian paling akhir file konfigurasi untuk user login atau dengan password

<Anonymous /home/rizky>
User sekolahku
</Anonymous>

seperti pada gambar dibawah ini.
setelah selesai lalu tekan ctrl+x lalu y kemudian enter







Langkah selanjutnya yaitu buat user baru dengan nama sekolahku isikan password nya.
Maka dengan demikian Guru dan Siswa dapat menggunakan "sekolahku" untuk login pada ftp server.
gambar dibawah ini merupakan contoh menambahkan user baru pada debian







Langkah terakhir kita bisa masuk ke web browser untuk menguji apakah ftp server yang kita buat sudah berhasil atau belum.
cara nya adalah melalui web browser ketikan "ftp://ipserver"
kemudian akan muncul autentikasi..
isi user name dengan  user yang sudah dibuat sebelumnya yaitu sekolahku dan isikan juga password nya






setelah berhasil mengisi username dan password maka akan muncul tampilan seperti berikut







Maka sudah dipastikan FTP Server yang kita buat sudah berhasil




H. KESIMPULAN
Dapat kita simpulkan tentang FTP Server..
Jadi FTP Server adalah suatu protokol yang bertugas  dalam hal pertukaran file baik itu download ataupun upload di jaringan.

I. PENUTUP
Sekian apa yang dapat saya sampaikan  pada kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat, dan mohon maaf jika ada kekurangan.

Sekian,
Wassalamu'alaikum Wr.Wb



















0 comments: