Jenis - Jenis Antena pada Jaringan

A.PENDAHULUAN
Assalamualaikum Wr.Wb.. Hai Sobat IT.. Gimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan baik ya!!
Setelah sebelumnya kita telah membahas mengenai Wirless.. pada kali ini saya akan coba sharing kepada sobat it semua yaitu mengenai Macam - macam antena yang sering digunakan pada sebuah jaringan. apa saja kah itu???? baiklah dari pada penasaran langsung saja yuk simak artikel saya kali ini.. selamat membaca!!!

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun tujuan saya menulis artikel ini yaitu supaya kita dapat mengetahui tentang macam - macam antena pada jaringan dan fungsi dari antenta itu sendiri

C. HASIL YANG DIHARAPKAN
Diharapkan kita dapat memahami tentang definisi antena, kegunaan antena, dan berbagai jenis antena ynag digunakan untuk sebuah jaringan

D. PEMBAHASAN

Apa itu antena?? dan untuk apa antena digunakan??
1. Pengertian Antena
antena adalah sebuah perangkat yang harus ada dalam jaringan nirkabel. antena ini digunakan sebagai transformator, dalasm artian dia yang akan memancarkan sinyal elektromagnetik melalui sebuah media transmisi udara.
jadi apa itu antena??
dapat kita simpulkan dari pengertian antena. antena yaitu sebuah perangkat keras yang dapat menyebarkan sinyal dan menangkap sinyal dari sisi pengirim

2. Fungsi antena
Antena ini digunakan sbagai sebuah alat yang dapat merubah listrik menjadi sinyal elektromagnetik yang dapat dipancarkan melalui udara sebagai media perantaranya. begitu pun juga sebaliknya, disisi penerima antena ini akan menangkap sinyal elektromagnetik yang dipancarkan oleh sisi pengirim, kemudian dia akan merubahnya kedalam listrik.

3. Jenis - Jenis antena
Jenis - jenis antena secara umum dapat dibagi kedalam dua jenis yaitu Directional dan Omni Directional.

a. Directional
Directional adalah jenis antena yang dapat memancarkan sinyal ke satu titik tertentu. antena jenis sering digunakan untuk model wireless point to point. yaitu jaringan yang mengarah ke satu titik tertentu.

b. Omni Directional

berbeda hal nya dengan Directional yang memancarkan sinyal ke satu titik tertentu saja. pada antena Omni Directional dia akan memancarkan sinyal nya ke segala arah, biasa nya digunakan untuk membuat wireless dengan model point to multipoint. seperti wifi, bloethooth, dan penyediaan akses jaringan di area public atau yang sering kita kenal yaitu hostpot.

1. Antena Flat

antena ini yaitu berfungisi untuk memancarkan sinyal ke satu titik saja, namun antena jenis ini tidak cocok untuk jarak yang jauh, karena frequency nya kecil.


2. Solid Disc Antenna

Nah setelah tadi antena flat tidak cocok untuk jarak yang jauh. pada antena solid ini dia cocok untuk jarak yang jauh. namun ada hal - hal yang harus di perhatikan, yakni : Mounting pada tower harus baiDibutuhkan ketelitian pointing dan faktor angin cukup berpengaruh.

3. Sektoral antena

antena ini merupakan antena yang bekerja mirip seperti hal nya antena omni directional.  yaitu dia akan memancarkan sinyal nya kesegala arah sehingga cocok digunakan untuk jenis model wireless point to multipoint. dan dia dapat menampung hingga 5 client.
antena sektoral umumnya mempunyai penguatan sinyal lebih tinggi dari antena 10 - 19 dBI


E. KESMIPULAN
Jadi dapat kita simpulkan bahwa antena adalah suatu alat yang berfungsi untuk merubah listri kedalam sinyal elektromagnetik kemudian dia akan memancarkan nya melalui udara dan akan diterima disisi pernerima yang kemudian akan diuabah kembali kedalam listrik

F. PENUTUP
Sekian apa yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini,semoga bisa bermanfaat bagi sobat it semua, dan mohon maaf jika ada kekurangan

Terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments: