Cara menyelesaikan masalah menurut mbah suro

A. Pendahuluan
Asalamualaikum Wr. Wb
Halo semuanya? Bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan baik ya.
Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing kepada teman - teman semuanya yatu tentang Cara efektif menyelesaikan masalah.

B. Latar Belakang
Masalah terjadi saat harapan ideal akan sesuatu hal tidak sama dengan realita yang terjadi. Tidak semua masalah adalah fenomena dan menarik. Masalah yang fenomenal adalah saat menajdi perhatian banyak orang dan di bicarakan di berbagai kalangan di masyarakat

C. Maksud dan Tujuan
Agar dapat mengetahui cara menyelesaikan sebuah permasalahan sehingga mampu menyelesaikan masalah secara efektif

D. Hasil yang diharapkan
Diharapkan mampu menyelesaikan masalah secara tepat

E. Alat dan Bahan
 - Alat tulis

F. Pembahasan
Jadi pagi ini sebelum saya memulai kegiatan prakerin, mbah suro mengisi waktu terlebih dahulu memaparkan dengan tema yang sangat memotivasi yaitu "cara menyelesaikan masalah".

terdapat 7 point yang temen temen bisa lakukan untuk menyelesaikan masalah, yaitu sebagai berikut :

1. Menginventaris masalah baik yang kecil atau besar.
Maksud dari menginventasiskan masalah disini adalah, supaya masalah itu tidak hanya kita fikirkan dalam kepala kita, tetapi kita tuangkan dalam bentuk kata-kata.

2) Identifikasi Masalah
Apabila kita sudah mengumpulkan seluruh permasalahan nya, selanjutnya kita harus mengidentifikasi dan mengelompokkan mana masalah masalah yang saling berkaitan satu sama lain, hal ini bertujuan agar kita lebih mudah dalam menemukan solusi yang sama terhadap masalah yang berbeda namun saling berkaitan

3. Analisa Masalah
Point ketiga ini menganjurkan kita untuk menganalisa masalah itu, atau melakukan studi komparatif/membandingkan dengan yang lain, bukan dengan masalah orang lain tetapi bandingkanlah dengan masalah-masalah yang lain, bagaimanakah tentang masalah 1 dan masalah 2 ini? kira-kira begitulah simpelnya. Kepandaian kita dalam menganalisa akan memunculkan kebijakan, menggunakan mata batin dan mata hati bukan dengan indera.

4. Menentukan daftar skala prioritas
Pada tahapan ini kaian harus bisa mencari mana masalah yang sangat sensitif dan harus di utamakan.

5. Menentukan metode dan tahapan penyelesaian masalah.
Dalam menentukan metode dan tahapan penyelesaian masalah ini, tentunya kita harus melihat dulu kepada masalahnya dan tentunya melihatnya secara objektif dan bukan subjektif. setiap masalah pastinya akan menggunakan metode dan tahapan yang berbeda-beda

6) Menentukan target dan waktu
Kondisi ini kalian di tuntut bagaimana kalian harus bisa menentukan target capaian kalian dalam menyelesaikan masalah

7. Mengevaluasi.
Evaluasi merupakan langkah terakhir dari penyelesaian masalah ini.
Periksa sejauh mana masalah kalian sudah di selesaikan, apakah sudah mencapai harapan yang di inginkan atau belum. kemudian dari hal ini kita bisa mengambil hasil yang didapatkan dari semua langkah-langkah ini.


G. Kesimpulan
Masalah itu merupakan persoalan yang tidak perlu dipersoalkan. Masalah itu harusnya dicari solusinya. Jangan terlalu memakai perasaan ketika menyelesaikan masalah.


H. Penutup
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan

Wassalamualaikum Wr. Wb

0 comments: