apa itu wirelessLAN?



A. PENDAHULUAN
 Assalamualaikum Wr.Wb.. Hai Sobat IT!! bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan baik ya!!  Pada kesempatan kali ini saya akan Coba Sharing kepada Sobat IT mengenai WirelessLAN. apa itu WirelessLAN??Apa saja keunggulan WirelessLAN? Apa saja hal - hal yang harus diperhatikan untuk membuat WirelessLAN? Itulah Pertanyaan - pertanyaan yang akan saya bahas pada Posingan kali ini.
Baiklah bagi Sobat IT yang sudah penasaran akan WirelessLAN, simak penjelasan di bawah ini.. Selamat membaca!


B. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan saya menulis artikel ini yaitu supaya kita mengetahui definisi WirelessLAN, keunggulan WirelessLAN, dan Kaidah dalam WirelessLAN

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
DIharapkan kita dapat memahami tentang WirelessLAN

E. PEMBAHASAN

1. Pengertian WirelessLAN
WirelessLAN atau juga disebut dengan WLAN..

APA ITU WirelessLAN?
Sebenarnya jika kita mengartikan arti kata dari keduanya maka kita akan tau makna dari WirelessLAN.

WirelessLAN memiliki dua kata yaitu "Wireless" dan "LAN".
Yang pertama adalah Wireless.. Jika kita menterjemahkan kata dari Wireless kedalam bahasa Indonesia maka akan muncul arti kata dari Wireless yaitu Nirkabel atau Tanpa Kabel.
Jadi Wireless adalah sebuah Metode yang dapat dilakukan untuk mentransmisikan data antar komputer dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
Dan yang kedua adalah LAN. LAN adalah sebuah Jaringan yang berskala kecil. misalnya didalam gedung, sekolah, dan sebagainya.

Jadi APA ITU WirelessLAN?
Dapat kita simpulkan bahwa WirelessLAN adalah sebuah media transmisi tanpa kabel yang menggunakan gelembang elektromagnetik yang diguanakan dalam suatu jaringan yang berskala kecil.

2. Wireless LAN – 802.11
     a. 802.11 – 2.4Ghz
  • 802.11-b : Wireless Lan yang menggunakan Frequency
    2.4Ghz berkecepatan transfer data 11Mbps
  • 802.11-b/g : Wireless Lan yang menggunakan Frequency
    2.4Ghz berkecepatan transfer data 54Mbps
  • 802.11-b/g/n : Wireless Lan yang menggunakan
    Frequency 2.4Ghz berkecepatan transfer data 300Mbps
       b. 802.11 – 5Ghz
  • 802.11-a/g : Wireless Lan yang menggunakan Frequency
    5Ghz berkecepatan transfer data 54Mbps
  • 802.11-a/g/n : Wireless Lan yang menggunakan
    Frequency 5Ghz berkecepatan transfer data 300Mbps
3. Kaidah dalam WirelessLAN
Kaidah Wireless :
  • Tx Power, yaitu Daya Pancar signal wireless. Jadi Tx Power ini merupakan kekutan suatu perangkat Wireless dalam memancarkan sinyal  nya
  • Rx Sensitivity, yaitu sensitivitas menerima signal
  • Looses, hambatan karena Kabel & Konektor, Jadi Looses ini merupakan suatu proses kehilangan data saat melakukan transfer data yang diakibatkan Oleh gangguan Kabel dan Konektor
  • Eigrp, singkatnya eigrp merupakan daya pancar total atau keseluruhan yang dilkukan oleh suatu perangkat keras wireless setelah diakumulasikan dengan antena dan gangguan lainya.
  • FSL, yaitu Hambatan Udara
4. Keunggulan WirelessLAN
Salah satu keunggulan dari  WirelessLAN adalah hemat biaya kepemilikan, karena kita tidak mengharuskan untuk memakai kabel. Kemudian ketika kita memasang Wlan itu berarti kita tidak harus memasang kabel diatap - atap dinding(intinya mudah installasi)

F. KESIMPULAN
WirelessLAN adalah sebuah media transmisi tanpa kabel yang menggunakan gelembang elektromagnetik yang diguanakan dalam suatu jaringan yang berskala kecil.

G. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Sobat IT semua dan mohon maaf jika ada kekurangan.

Terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments: