Training Cisco di Blc Telkom Klaten | Diaryku | Day3



A. Pendahuluan
Asalamualaikum Wr.Wb..

Halo sobat IT!! selamat malam. Kembali lagi bersama saya di blog yang sama tentunya. Dan kali ini saya ingin sharing pengelaman saya hari ini yaitu Pada hari ini saya mengikuti Training Cisco Di BLC Telkom Klaten.
Hari ini adalah Hari ke 3 saya mengikuti Training Cisco Oleh trainer dari Best Path Network yaitu Mas Rizka Budiman dan Mas Fatchurohman.

Hari ini membahas Chapter  4 sampai Chapter 5.
Lalu dilanjutkan menjawab kuis di Cisco Academy.

B. Latar Belakang
Dengan mengikuti Training ini saya dapat mendaptkankan ilmu tentang Cisco dan Berkesempatan Untuk mengikuti Sertifikasi Cisco

c. Maksud dan Tujuan
Adapun Maksud dan Tujuan saya yaitu supaya saya dapat memiliki basic dalam konfigurasi dii perangkat Cisco sehingga dapat mengimplementasikan nya didunia kerja

D. Waktu Pelaksanaan
08:00 - 12:00
13:00 - 15:30
16:00 - 17:30
19:30 - 22:00

E. Pembasan
Jadi apa yang dibahas pada Training Cisco di Hari ke 3 ini?

Jadi seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa hari ini membahas materi cisco Chapter 4 - Chapter 6.

Ada beberapa point penting yang akan saya sampai kan pada postingan kali ini yaitu sebagai berikut :

Pada kali ini membahas tentang 'Network Addressing'
Sesuai namanya yaitu Network Addressing, pada kali ini saya dikenali dengan pengalamatan ip dalam sebuah jaringan atau sering kita kenal dengan istilah IP Address.
Apa itu Ip address?
Ip address adalah alamat dalam Jaringan yang bersifat logis yang mengidentifikaai host tertentu.
Ada 2 jenis ip address yaitu IPv4 dan IPv6.
Selain itu, saya juga diajari tentang Home Network.
Maksud nya adalah Jaringan Rumah  yang terhubung ke router, router terhubung ke internet.
Home Network ini biasanya menggunakan Kabel dan Nirkabel sebagai media transmisi nya.
Teknologi Nirkabel ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk membawa informasi antar perangkat.
Teknologi Nirkabel yang sering digunakan di Jaringan Rumah berada pada rentang frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz.
Untuk membuat sebuah jaringan Nirkabel kita bisa memanfaatkan AP atau Akses Point.
Di Cisco sendiri memiliki perangkat jenis Akses point seperti AP dengan tipe WRT300N.
Ada 2 port dalam AP yaitu internet dan ethernet.
Interneg menuju sumber internet sedangkan Ethernet untuk konfigurasi.


F. Penutup
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments: