Menambahkan IP Address dan Dns pada Router Mikrotik.. KOnfigurasi dasar

 Assalamualaikum Wr.Wb

 A. PENDAHULUAN

 Hallo Selamat malam sobat it!! gimana kabar nya? semoga sehat selalu ya! pada kesempatan kali ini saya akan sharing kepada sobat it semua yaitu tentang Cara Setting IP Address dan Dns pada Router MIkrotik.


B. LATAR BELAKANG

Ip Address dan Dns merupakan suatu hal yang sangat penting untuk melakukan sebuah komunikasi antara antara host satu dengan host yang lain nya. maka dari itu, kita harus tau bagaimana cara memasukan ip address dan dns pada router mikrotik

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun tujuan saya menulis artikel ini yaitu supaya kita mengetahui cara setting ip address dan dns pada router mikrotik

D. PEMBAHASAN

Lantas, bagaimana cara setting IP Address dan Dns pada router mikrotik?
yuk langsung saja kita praktikan langkah - langkah setting ip address dan dns pada router mikrotik, berikut langkah - langkah nya :

 1. Pertama buka terlebih dahulu Mikrotik anda, dan disini saya menggunakan applikasi WInbox untuk me-remote mikrotik.
pertama adalah masuk menggunakan Mac address yang tertera di Neighbors, gunakan user login = admin dan password(kosong)




2. Setelah kita masuk maka akan muncul tampilan utama pada mikrotik, untuk menambahkan IP Address kita masuk ke menu IP>>Addresess maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.



3. Selanjut nya pilih tanda (+) untuk menambahkan ip address di pojok kiri atas, lalu isi kolom addresess, network dan interface nya.
contoh nya disini saya menggunakan IP Address 192.168.1.1/24 Network 192.168.1.0 dan interface nya saya arahkan ke interface yang terhubung dengan PC (ether2). JIka sudah, klik Apply>>OK




4. Tahap selanjutnya yaitu Setting Dns pada router Mikrotik. Cara nya adalah pertama kita masuk ke Menu IP>>Dns, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini



5. Masukan DNS pada Kolom Servers, contoh nya disini saya menggunakan Dns google yaitu 8.8.8.8.
Jangan lupa centang pada bagian Allow Remote Requests,KLik Apply>>OK



E. PENUTUP
Sekian apa yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Sobat IT semua
Terimakasih,
Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments: