Konfigurasi Dasar Mikrotik.. Merubah Identity, User login dan Password pada Mikrotik


A. PENDAHULUAN

Hai Sobat IT, Gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik ya!
Pada postingan kali ini saya akan share kepada Sobat IT yaitu tentang Setting Identity, mengubah User dan Password login pada MIkrotik.
Lantas bagaimana caranya..? Bagi Sobat IT yang sudah penasaran akan hal tersebut, yuk simak penjelesan lebih lengkapnya di bawah ini! Selamat membaca ya sobat!

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud saya memposting artikel ini yaitu Keinginan saya untuk berbagi ilmu walau ilmu yang saya bagikan tak seberapa, namun diharapkan kita mampu memahami tentang apa yang saya postingkan kali ini

C. HASIL YANG DI HARAPKAN

Memahami konfigurasi dasar mikrotik, sehingga kita akan bisa melanjutkan nya ke tahap - tahap berikutnya.

D. PEMBAHASAN

Langsung saja kita akan langsung setting identity, user login dan password pada mikrotik.
Kali ini saya memakai applikasi yang sudah asing lagi untuk pengguna Mikrotik, yaitu Winbox. Baiklah berikut langkah - langkah setting identity, user login dan password pada mikrotik.

1. Pertama yang harus kita lakukan adalah mengatur Ip address pada laptop kita, contoh nya saya disini memakai Ip address 192.168.20.10 

 

 

2. Selanjutnya kita masuk ke Winbox, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Pada tampilan tersebut ada fitur Neighbors, yaitu dia akan menscanning Router - router yang terhubung ke Mikrotik.
Kita lanjut nya  dengan mengklik bagian mac address pada Neighbors, kemudian pilih Connect.


Mengapa Menggunakan Mac address?yupps karena si router ini belum kita kasih ip sehingga kita tidak akan bisa me-remote apabila kita masuk menggunakan IP Address. Sehingga kali ini kita masuk menggunakan Mac address.

3. Kemudian, pertama kali masuk kita akan disuguhkan mengenai Informasi bahwa si Ruter sudah terkonfigurasi secara default. Disini kita bisa mengklik OK, Namun saran saya lebih baik di Remove Configuration saja supaya nantinya lebih fleksibel dan tidak akan ada konfigurasi yang tumpang tindih



 4. Untuk mengganti Identity pada Mikrotik kita bisa mengkonfigurasinya dengan cara masuk ke menu System>>Identity>>Apply..OK
Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Kita bisa merubah nya dengan nama yang kita inginkan. Contohnnya disini saya menamai nya dengan nama "Training"


5. Berikutnya adalah Setting User login dan Password. caranya adalah pertama masuk ke menu System>>Users


Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini.


Dari sini kita bisa melanjutkan nya dengan cara mengklik tanda (+), sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
Kita bisa isikan nama nya, contoh nya disini saya kasih nama latihan. Kemudian ganti Group dengan "full" setelah itu isikan password di colom password. contoh nya disini saya kasih password "sukses". Kemudian klik Apply>>OK


Jangan lupa mendisable system default user nya


6. Untuk menguji nya apakah sudah berhasil atau belum maka kita bisa mematikan nya terlebih dahulu dengan mendisconnect pada mikrotik routerboard kita.

Masuk dengan menggunakan Mac Address pada Neighbors, Isikan Kolom Login dan password sesuai dengan yang telah di setting sebelumnya


 Apabila berhasil, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini

E. Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Sobat IT Sekalian. Dan mohon maaf apabila ada penjelasan yang kurang di pahami.
Sekian,
Wassalamu`alaikum Wr.Wb

0 comments: