Jenis - Jenis Protokol Jaringan

A. PENDAHULUAN

Assalamua`laikum Wr.Wb.
Selamat malam!! Bagaimana kabar Sobat IT semua? Semoga sehat selalu ya.. dan jangan lupa bahagia,hehe..
Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang OSI LAYER dan TCP/IP, Dan setelah kita ketahui bahwa di dalam OSI LAYER dan TCP/IP terdapat beberapa lapisan - lapisan yang didalam lapisan tersebut terdapat Protokol - protokol.
nnnahhh protokol - protokol inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.
Mungkin dari sebagian sobat it pasti sudah sering mendengar dan sudah tau tentang protokol jaringan. namun untuk yang awam, pasti ketika mendengar kata protokol jaringan akan menjadi sebuah hal menarik untuk dipelajari.
Untuk itu, pada postingan kali ini saya akan sharing tentang protokol jaringan yang dimulai dari apa itu sebenarnya sebuah protokol Jaringan,
jenis - jenis protokol Jaringan dan apa fungsi dari protokol Jaringan itu sendiri.
Baiklah bagi Sobat IT yang kepo akan Protokol Jaringan, mari simak penjelasan berikut!!! Selamat membaca ya Sobat!

B. LATAR BELAKANG
Menarik memang ketika kita mempelajari tentang protokol jaringan, karena tanpa kita sadari protokol jaringan tersebut sering kita temukan dalam kehidupan sehari - hari. Seperti halnya ketika kita mengirimkan pesan elektronik atau email, didalam email tersebut ternyata akan
bekerja sebuah protokol untuk mengirimkan email yang kita kirim dan untuk menerima email yang kita kirim tadi.
Untuk itu, mempelajari protokol - protokol jaringan adalah hal yang wajib untuk Orang yang bergelut di bidang Networking.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun tujuan saya menuliskan blog ini dikarenakan keinginan saya untuk berbagi ilmu walaupun hanya sedikit saja, sehingga diharapkan kita akan memahami tentang konsep dari tiap - tiap protokol yang bekerja di layer nya masing - masing.

D. PEMBAHASAN



1. Pengertian Protokol
kita sering mendengar istilah protokol, tapi apa itu Protokol?

Protokol dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat mengatur pelaksanaan suatu kegiatan. dalam hal ini protokol menjadi aturan yang dapat
menjembatani dari dua hal yang berbeda sehingga dapat menyatukan, bekerjasama dan saling mengerti.

Analoginya :

Misalkan, terdapat warga negara asing yang sedang singgah di suatu negara, sebut saja turis. Karena turis ini berasal dari negara lain yang berbeda bahasa dengan warga pribumi, maka dalam melakukan komunikasi mereka menggunakan bahasa yang dimengerti oleh keduanya. yaitu Bahasa international, dan bahasa International inilah yang disebut dengan Protokol

LALU, APA HUBUNGAN NYA DENGAN PROTOKOL JARINGAN??
Yuuppp dapat kita simpulkan bahwa Protokol Jaringan merupakan suatu aturan yang memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.

2. Jenis - Jenis Protokol Jaringan
a. Transmission Control Protocol (TCP)
TCP, Singkatan dari Transmission Control Protocol merupakan salah satu protocol yang berada di       Transport Layer.
Pada TCP ini mendukung komunikasi yang andal (reliable) dan Connection- Oriented.
Duhhh apa sih maksud nya??
Maksud nya adalah pada TCP data yang dikirim harus benar - benar utuh (reliable) sehingga ketika     host A mengirim data ke Host B kemudian ada salah satu segment yang lost atau hilang dijalan,          maka Host B akan mendeteksi nya dan apabila dia sudah mengetahui bahwa ada salah satu segment yang hilang maka dia akan request ulang.
Oh iya... pada TCP ini data yang dikirim akan dipecah - pecah menjadi beberapa segment lalu akan dikirimkan berdasarkan Sequence number (SEQ).
Satu lagi.. Connection-Oriented. pada tahap ini, sebelum data ini dikirimkan dia akan melakukan perjanjian terlebih dahalu antara Host A dan Host B.
Pertama, Host A akan request ke Host B dengan mengirimkan pesan

b. User Datagram Protokol (UDP)
    Sama halnya dengan TCP, UDP pun merupakan salah satu protocol yang berada di Transport Layer. Namun perbedaanya pada UDP ini mengunakan pengiriman Connectionless (tanpa koneksi) dan Unreliable (tidak andal).
Maksud Connectionless disini adalah kebalikan dari Connection-Oriented. Jadi jika Connection-Oriented adalah melakukan perjanjian terlebih dahulu.
berbeda dengan Connectionless yang tidak melakukan apapun sebelum dikirimnya sebuah data. jadi Pesan-pesan UDP akan dikirimkan tanpa harus dilakukan proses negosiasi koneksi antara dua host yang hendak berukar informasi.yang selanjutnya adalah Unreliable (tidak andal). Yuupp ini merupakan kebalikan dari TCP yang bersifat Realible.
Pesan-pesan UDP akan dikirimkan tanpa adanya nomor urut atau pesan acknowledgment.
Jadi simpel nya, ketika data dikirim dari Host A menuju Host B kemudian diperjalanan ada data yang hilang maka Host B tidak akan mengirimkan request ulang, data yang terkirim hanya lah data yang sampai di Host B meskipun ada sebagian data yang lost.

Intinya, pada UDP data yang dikirim tidak secara utuh, dalam artian ada beberapa data yang lost

c. Domain Name System (DNS)
    DNS, Singkatan dari Domain Name System merupakan sebuah protokol yang berjalan di Application Layer. DNS adalah distribute database system yang digunakan untuk
pencarian nama komputer (name resolution) di suatu jaringan.
Simpel nya, dengan adanya DNS maka kita tidak perlu menghapal ip address komputer. Karena sebenarnya ketika kita mengakses link di browser, yang dibaca oleh komputer adalah Ip address,
tentu ini akan membuat sulit bagi user karena kita lebih mudah untuk mengingat nama, bukan nomer.
Jadi, dibuatlah DNS yang memungkinkan memetakan IP Address kedalam bentuk nama atau Domain.

d. Point-to-Point Protocol (PPP)
    Point-to-Point Protocol sering disingkat menjadi PPP, Merupakan Protokol yang terdapat di data-link Layer.
Tugas PPP ini adalah mengenkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada jaringan besar seperti wide area network (WAN)

e. Post Office Protocol (POP3)
    POP3, Singkatan dari Post Office Protocol versi 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server.
Jadi ketika suatu pesan elektronik atau email dikirimkan sebenarnya tidak langsung terkirim menuju host tujuan, tetapi email akan ditampung terlebih dahulu di email server.. Nnnnaaah disinilah POP3 bertugas, yaitu dia akan membantu si host penerima untuk mengambil pesan tersebut di email server. Jadi ketika ada pesan masuk kemudian kita mengklik pesan tersebut sebenarnya ada protokol yang bertugas, yakni POP3. Maka dari itu seperti apa yang saya sebutkan diatas, tanpa kita sadari kita sedang dan selalu menemukan Protokol Jaringan dalam kehidupan sehari - hari.

f. Internet Message Access Protocol (IMAP)
    IMAP, Singkatan dari Internet Message Access Protocol. apa itu IMAP?
Sebenarnya Cara kerja IMAP mirip mirip dengan POP3 yaitu mengambil email dari server, namun IMAP ini memiliki kemampuan yang tidak dimiliki Oleh POP3 yakni IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, jadi tidak mesti semua nya full di download namun pada IMAP ini dapat di ambil sesuai dengan keinginan.

g. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
    SMTP, Singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol yaitu sebuah protokol yang bekerja untuk email. Tugas SMTP ini adalah mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
Jadi SMTP ini kebalikan dari POP3 dan IMAP, setelah kita ketahui bahwa POP3 dan IMAP adalah sebagai pengatur untuk menerima email yang dikirim oleh pengirim email.
Maka untuk SMTP dia bukanlah untuk menerima namun tugas SMTP adalah mengrimkan.. jadi dia mengirimkan email dari pengirim email menuju email tujuan yang akan ditampung terlebih dahulu oleh server email kemudian yang nantinya akan di ambil oleh POP3 dan IMAP.
   
biasanya untuk menggunakan SMTP di perlukan settingan :
    1. Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
    2. Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
    3. Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
    4. Account Name : anda@domainanda.com
    5. Password : password yang telah anda buat sebelumnya
   
h. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
    HTTP adalah suatu protokol yang terdapat di Application Layer dan protokol ini yang digunakan oleh WWW (World Wide Web).
HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. Jadi simpel nya HTTP ini bertugas untuk memikirkan bagaimana Si Client mendapatkan Konten yang diakses nya dari Web Server.
Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.

i. HTTPS
    HTTPS ini adalah HTTP versi Secure. sehingga HTTPS ini akan lebih aman dari orang - orang yang jahil, data akan menjadi bentuk Plaint teks atau data yang sudah terenskripsi.  Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

j. Sucure Shell (SSH)
    ssh, Singkatan dari Sucure Shell. nah SSH dapat ini dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh. Ketika kita menggunakan SSH data yang dikirim akan terjamin aman karean SSH mempunyai system Otentikasi,Otorisasi, dan enkripsi.
Jadi komunikasi antara 2 komputer dengan menggunakan SSH ini akan lebih terjamin

k. Telecommunication network (TELNET)
    TELNET ini memiliki fungsi yang sama dengan SSH, yaitu memungkinkan kita dapat meromote atau mengendalikan komputer dari jarak jauh. Namun pada TELNET ini, dia mempunyai beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
Jadi TELNET tidak memiliki system enkripsi seperti halnya SSH, Sehingga pada TELNET terdapat resiko keamanan

l. File Transfer Protocol (FTP)
    FTP adalah sebuah protokol yang bekerja di layer Applikasi. pada FTP ini memungkinkan komunikasi data antara Client dan Server.
Sama halnya dengan TELNET, pada FTP pun menggunakan standar keamanan yaitu menggunakan username dan password. Dan password ini tidak akan dibentuk ke dalam enkripsi.
    Tujuan FTP server adalah sebagai beikut :
    Untuk men-sharing data.
    Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
    Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi User.
    Untuk menyediakan tranper data yang reliable dan efisien.

m. Secure Socket Layer (SSL)
    SSL, Singkatan dari Secure Socket Layer merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk pengenkripsian. Jadi ketika kita menggunakan protokol ini maka dia akan mengenkripsi pengiriman informasi dari internet sehingga komunikasi akan lebih aman dibanding tanpa menggunakan SSL.

n. Ethernet
    Protokol ethernet ini bertugas untuk memantau jalur apakah sedang sibuk atau tidak, apabila jalur tersebut sedang sibuk maka dia akan menunggu hinga jalur tersebut benar - benar bersih.
Protokol ethernet ini adalah protokol yang sering digunakan dalam sistem jaringan. dan protokol ethernet ini mempunyai kecepatan sebesar 10 Mbps, cocok untuk jenis topologi seperti Topologi BUS dan Topologi Star. Dan ethernet terdiri dari Kabel Coaxial, Fiber Optic dan Twisted Pair

o. Local Talk
    Tugas Local Talk ini yaitu menghindari dari tabrakan saat pengiriman data. Local talk dipopulerkan oleh machintos dan apple computer. Local talk memiliki kecepatan lebih rendah yaitu sebesar 230 Kbps. Dan protokol Local talk ini cocok untuk topologi Bus. dan yang terakhir Local talk bisa digunakan oleh kabel jenis Twisted Pair.

p. Fiber Distributted Data Interface (FDDI)
    FDDI menghubungkan beberapa komputer sampai jarak yang jauh. Topologi ini bentuknya sama dengan Token Ring tetapi menggunakan 2 buah ring. Dengan Maksud apabila ring 1 ada masalah maka secara otomatis akan berpindah ke ring 2.
FDDI ini cocok untuk jenis Topologi seperti Topologi Star, selain itu FDDI mempunyai kecepatan data sebesar 100 Mbps. Kabel pada FDDI adalah Fiber Optik

E. KESIMPULAN
Setelah kita membaca penjelasan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Protokol Jaringan adalah Protokol Jaringan merupakan suatu aturan yang memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan
bahasa yang sama.  Protokol - protokol ini mempunyai tugas nya masing - masing sesuai dengan dimana protokol tersebut berada.
Jenis - jenis protokol antara lain : TCP, UDP, DNS, PPP, ICMP,POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, TELNET, FTP, SSL, ETHERNET, LOCAL TALK dan FDDI

F. PENUTUP
Sekian apa yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi Sobat IT semua. dan mohon maaf apabila ada penjelasan yang kurang dimengerti.
Terimakasih, Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

0 comments: