Hari ke Sepuluh Training Cisco Part2 | Diaryku | Day10 | EtherChannel



A. Pendahuluan
Asalamualaikum wr.wb
Halo sobat IT? Bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan baik ya.
kali ini saya ingin sharing pengelaman saya hari ini yaitu Pada hari ini saya mengikuti Training Cisco Di BLC Telkom Klaten.
Hari ini adalah Hari ke 10 saya mengikuti Training Cisco Oleh trainer dari Best Path Network yaitu Mas Rizka Budiman dan Mas Fatchurohman.

Hari ini membahas DHCP EtherChannel dan Cara Konfigurasi nya

Apa itu EtherChannel?
Dibawah ini akan saya jelaskan tentang  EtherChannel

B. Latar Belakang
Dengan mengikuti Training ini saya dapat mendaptkankan ilmu tentang Cisco dan Berkesempatan Untuk mengikuti Sertifikasi Cisco

c. Maksud dan Tujuan
Adapun Maksud dan Tujuan saya yaitu supaya saya dapat memiliki basic dalam konfigurasi dii perangkat Cisco sehingga dapat mengimplementasikan nya didunia kerja

D. Waktu Pelaksanaan
08:00 - 12:00
13:00 - 15:30
16:00 - 17:30
19:30 - 22:00

E. Pembahasan


Apa itu EtherChannel ?

Etherchannel adalah sebuah configure dimana kita akan menggabungkan 2 kabel jaringan (LAN) menjadi satu dan mempunyai keunggulan Kecepatan dua kali lipat dan secara logical dua kabel menjadi satu. Selain itu juga EtherChannel akan berfungsi jika kabel 1 putus maka akan ada backup kabel lainnya, sehingga jaringan tetap terjaga.

Berikut topologi yang akan kita praktikan pada pertemuan kali ini




Konfigurasi router 1 dengan mode desirable dan router 2 sebagai auto, sebelum konfigurasi ini jangan lupa konfigurasi IP addressnya terlebih dahulu.

Untuk router 1 
Switch>enable
Switch#configure terminal
Switch(config)#int range fa0/1-2
Switch(config-if-range)# channel-group 1 mode desirable
Switch(config-if-range)#exit




Untuk router 2
Switch>enable
Switch#configure terminal
Switch(config)#int range fa0/1-3
Switch(config-if-range)# channel-group 1 mode desirable
Switch(config-if-range)#exit


Langkah terakhir yaitu kita satukan kedua switch dengan mode trunk, lakukan konfigurasi pada kedua router.
Switch(config-if-range)#exit
Switch(config)#interface port-channel 1
Switch(config-if)#switch mode trunk


F. Kesimpulan
Etherchannel difungsikan untuk membuat jalur data yang lebih besar dan membuat cadangan jalur apabila jalur utama bermasalah



G. Penutup
Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan

Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments: