Hari ke 12 Training Cisco | Diaryku | Day12 | Routing Dynamic



A. Pendahuluan
Asalamualaikum wr.wb
Halo sobat IT? Bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan baik ya.
kali ini saya ingin sharing pengelaman saya hari ini yaitu Pada hari ini saya mengikuti Training Cisco Di BLC Telkom Klaten.

Hari ini membahas Routing Dynamic?
Kenapa harus memilih Routing Dynamic?
Itulah beberapa pertanyaan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini

B. Latar Belakang
Dengan mengikuti Training ini saya dapat mendaptkankan ilmu tentang Cisco dan Berkesempatan Untuk mengikuti Sertifikasi Cisco

c. Maksud dan Tujuan
Adapun Maksud dan Tujuan saya yaitu supaya saya dapat memiliki basic dalam konfigurasi dii perangkat Cisco sehingga dapat mengimplementasikan nya didunia kerja

D. Waktu Pelaksanaan
08:00 - 12:00
13:00 - 15:30
16:00 - 17:30
19:30 - 22:00

E. Pembahasan
1. Pengertian Routing Dynamic

Ya, sebelum kita mengetahui lebih dalam tentang Routing Dynamic, ada lebih baik nya kita mengetahui sebenarnya apa sih itu Routing?


Nah routing ini adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah internetwork. 
Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat hinggap dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai router. 
Router- router tersebut akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang ia terima kepada router lainnya hingga sampai kepada tujuannya.

Nah sekarang sudah mengerti bukan apa itu routing.

Okeh jadi Routing Dynamic adalah..? 
Routing Dynamic adalah yang me-rutekan jalur yang dibentuk secara otomatis oleh router itu sendiri sesuai dengan konfigurasi yang dibuat. Jika ada perubahan topologi antar jaringan, router otomatis akan membuat ruting yang baru. Routing dinamis merupakan routing protocol yang digunakan untuk menemukan network serta untuk melakukan update routing table pada router.




Ciri-Ciri Dynamic Routing
- Router berbagi informasi routing secara otomatis Jumlah gateway sangat banyak .
- Routing tabel dibuat secara dinamik.Membutuhkan protokol routing (contohnya RIP ,OSPF, dll ).

Jenis-Jenis dari Protokol Routing Dinamis
- RIP ( Routing Information Protocol ).
- IGRP ( Internal Gateway Routing Protocol ).
- EIGRP ( Enchanced Internal Gateway Routing Protocol ).
- OSPF ( Open Shortest Path First ).BGP ( Border Gateway Protocol ).

kenapa Harus Routing Dynamic?
Karena Routing  Dynamic ini Cocok untuk area besar/luasHanya mengenalkan alamat yang terhubung langsung dengan routernyaBila terjadi penambahan suatu network baru tidak perlu semua router dikonfigurasi, hanya router yang berkaitan sajaRouter secara otomatis berbagi informasiRouting table dibuat secara dinamikTidak perlu mengetahui semua alamat network yang adaAdministrator tidak ikut campur tangan

F. Penutup
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan

Wassalamualaikum Wr. Wb

0 comments: