Definisi routing, Fungsi Routing, Kelebihan Routing dan macam – macam routing


A. PENDAHULUAN

Assalamualaikum Wr.Wb... Hallo Sobat IT!!.. Pada kesempatan kali ini saya akan coba Sharing mengenai Routing. Nah Routing ini memiliki dua tipe.. Static Routes dan dynamic routes. Namun untuk Cara konfigurasi Routing pada Mikrotik tidak akan saya bahas pada postingan kali ini, namun akan saya bahas pada postingan berikutnya.
Oke jadi pada kali ini saya akan membahas mengenai Definisi routing, Fungsi Routing, Kelebihan Routing dan yang terakhir adalah macam – macam routing. Baiklah bagi sobat it yang udah kepengen banget buat tau tentang Routing.. silahkan simak penjelasan dari artikel ini. Selamat membaca!

B. LATAR BELAKANG

Sebuah jaringan, baik itu Jaringan berskala kecil maupun Jaringan berskala besar sering kali membutuhkan yang nama nya Routing. Kenapa?? Karena dalam sebuah jaringan belum tentu setiap Komputer dengan Komputer yang lain memiliki IP Address yang serupa. Serupa disini dalam artian adalah didalam satu segmen network yang sama. Kemudian kita diharuskan untuk menghubungkan antar komputer dalam segmen network yang berbeda. Lantas bagaimana solusi nya?? Yuupps dalam hal ini kita bisa menggunakan konsep routing. Routing lah yang dapat menjebatani antar host yang berbeda Segmen sehingga akan saling terhubung.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun tujuan saya menulis artikel ini yaitu supaya kita tidak hanya hafal akan definisi nya saja, namun diharapkan kita dapat memahami konsep Routing itu sendiri
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Diharapkan kita dapat memahami tentang Definisi routing, Fungsi Routing, Kelebihan Routing dan macam – macam routing.

E. PEMBAHASAN

1. Pengertian Routing

APA ITU ROUTING?
Seperti apa yang sudah saya sebutkan diatas, yaitu untuk menghubungkan network yang berbeda dibutuhkan yang nama nya perangkat yang dapat melakukan Routing yakni Router. Dan Router ini Bekerja pada OSI layer 3 (Network).

JADI APA ITU ROUTING?

Dapat kita simpulkan bahwa Routing adalah suatu cara atau konsep yang berfungsi untuk menjembatani komunikasi antar network yang berbeda

2. Fungsi Routing

a. Routing sebagai penghubung antar beda network
Fungsi Routing ini sebenarnya sudah saya katakan diatas yakni dia berfungsi untuk menjembatani komunikasi antar network yang berbeda.

b. Routing sebagai petunjuk arah
Selain Routing bertugas untuk menjembatani komunikasi antar network yang berbeda .
dia juga berfungsi untuk meneruskan sebuah paket sekaligus mencari Jalur tercepat yang harus dia lalui sehingga pake tersebut akan diterima oleh Ip address tujuan.
Jadi ketika paket yang dikirim itu sudah diterima oleh Router maka dia akan mengecek IP Address yang tercantum di Routing tabel. Kemudian ketika sudah teridentifikasi kemana paket tersebut akan dia kirim maka dia akan menyerahkan tugas nya ke tahap berikutnya.

3. Kelebihan Routing
- Lebih aman (firewall filtering lebih mudah).
- Trafik broadcast (Virus) hanya terkonsentrasi di local network segmen yang sama.
- Memungkinkan kita melakukan pemantauan dan pengelolaan jaringan yang lebih baik.

4. Jenis Routing
Di Routing sendiri kita bisa melakukan nya secara manual dan juga kita dapat menambahkan routing secara otomatis.
Nah Routing manual ini dikenal dengan istilah Static Routes dan Routing otomatis dikenal dengan Istilah dynamic routes.

a. Static Routes
Pada Static Routes ini kita dapat menambahkan informasi routing yang dibuat secara manual oleh kita/pengguna untuk mengatur ke arah mana trafik tertentu akan disalurkan.
Static Routes Ini cocok sekali untuk Jenis Jaringan berskala Kecil.
b. Dynamic routes
Pada dynamic routes ini cocok sekali untuk jenis jaringan berskala besar. Karena sangat tidak memungkinkan jika kita mengkonfigurasi routing pada jaringan besar yang memiliki puluhan bahkan ratusan router secara static. Hmm gak kebayang deh capenya. Hehe.. Tapi bukan berarti pada jaringan skala besar tidak dapat menggunakan Static Routes ya. Namun disini dynamic routes memudahkan admin jaringan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi. Jadi bagaimana pun juga Informasi routing haruslah tepat dan kesalahan melakukan distribusi informasi routing harus diminimalisasi sedikit mungkin

F. KESIMPULAN
Jadi dapat kita simpulkan bahwa Routing adalah suatu cara untuk menghubungkan komputer yang memiliki ip address berbeda network. Routing digunakan untuk menjembatani antar segment network yang berbeda. Selain itu, dia juga bertugas untuk meneruskan paket ke tujuan.

G. PENUTUP
Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesemptan kali, semoga bisa bermanfaat bagi Sobat IT semua. Mohon maaf jika ada kekurangan.

Terimakasih, Wasslamualaikum Wr.Wb

0 comments: