Apa itu Bridge?? bagaimana cara Konfigurasi Bridge pada Router Mikrotik?

Assalamualaikum Wr.Wb

A. PENDAHULUAN
Hai Sobat IT!! Gimana kabaranya? semoga dalam keaaan sehat selalu ya!
Oke jadi kali ini saya akan coba sharing ke temen - temen semua yaitu tentang salah satu fitur yang ada di ROuter mikrotik.. yaitu Bridge.
Apa itu Bridge?? Bagaimana cara kerja bridge?? apa saja langkah - langkah untuk setting bridge?? itulah yang akan kita bahas pada postingan kali ini.


B. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun tujuan saya menulis artike ini yaitu keinginan saya untuk berbagi ilmu, walau ilmu yang saya bagi tidak seberapa. namun diharapkan ilmu yang saya bagikan semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca artikel ini dan diharapkan nantinya kita dapat memahami bridge dan cara konfigurasi mode bridge pada router mikrotik.

C. HASIL YANG DIHARAPAKAN
Dapat memahami Pengertian bridge, cara kerja bridge dan Konfigurasi Bridge pada ROuter Mikrotik

D. PEMBAHASAN

1. Pengertian Bridge
Apa itu Bridge??
Pada MIkrotik Bridge adalah sebuah fitur dimana kita dapat menyatukan interface - interface atau port - port sehingga seolah olah akan berada dalam satu segmen network. 
Jadi, dia akan menyatukan interface - interface yang bertipe ethernet, atau sejenisnya. dalam artian, dia memanfaatkan port - port tertentu sehingga akan berada dalam satu subnet layak nya switch.

2. Konfigurasi Bridge pada Router Mikrotik.
Baiklah kali ini kita akan mencoba mensetting Bridge pada ROuter MIkrotik.
Berikut langkah - langkah setting bridge pada Router Mikrotik.

1.  Sebelum kita mengkonfigurasi bridge, ada lebih baiknya kita buat perencanaan interface mana yang akan kita jadikan sebagai beridge. nah comtoh nya disini saya akan menambahkan interface ether2 dan ether3 sebagai bridge.

 1. Langkah pertama kita buka Winbox terlebih dahulu, kemudian masuk dengan mengklik connect. maka akan muncul tampilan utama pada Mikrotik seperti pada gambar di bawah ini


 

 2. Setelah itu, masuk ke menu bridge sehinga akan muncul tampilan bridge.
untuk menambahkan bridge, pilih tanda (+) berwarna biru di pojok kiri atas.

Beri nama kemudian OK



3.  Langkah selannjutnya masuk ke menu port pada submenu bridge. Tambahkan interface - interface yang akan kita jadikan sebagai bridge
disini saya menambahkan ether2 dan ether3 sebagai bridge.







4. Setelah kita tambahkan interface nya maka akan muncul daftar interface - interface yang sudah ditambahkan sebelumnya sebagai mode bridge




E. KESIMPULAN
Bridge adalah sebuah fitur dimana kita dapat menyatukan interface - interface atau port - port sehingga seolah olah akan berada dalam satu segmen network.

F. PENUTUP
Sekian apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan

Terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

0 comments: