Pengertian Jaringan dan Jenis - Jenis Jaringan


A. Pendahuluan

Assalamualaikum Wr. Wb
Hallo Sobat IT.. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing kepada Sobat IT semua yaitu tentang Pengertian Jaringan komputer, Macam - macam jaringan komputer (berdasarkan areanya dan berdasarkan fungsi nya).. Selamat membaca ya sobat!





B. Latar Belakang

Istilah Jaringan Komputer sudah tidak asing lagi ditelinga kita saat ini, berbagai pekerjaan sudah banyak yang menggunakan sebuah jaringan. Mulai dari Pekerjaan ringan sampai pekerjaan berat. Tapi apakah kita sudah mengetahui definisi dari jaringan komputer yang sebenarnya? Jika belum, mari simak tulisan dibawah ini.


 

 

C. Maksud Dan Tujuan

Adapun tujuan ditulisnya tulisan ini diharapkan kita tahu definisi jaringan komputer yang sebenarnya, selain itu kita tahu jenis - jenis jaringan komputer.

 

 

 

D. Pembahasan

1. Pengertian Jaringan Komputer

Apa itu jaringan komputer??

Sobat IT pasti sering mendengarkan istilah Jaringan? tapi apa itu jaringan komputer?
Sebelum ke jaringan komputer, Sobat IT pasti tau kan jaring laba - laba?  bagaimana bentuknya? saling terhubung bukan? Jaring laba - laba mempunyai sebuah benang yang saling terhubung dan saling terintegrasi antara satu dengan lainya.
Nahhh begitu juga dengan Jaringan Komputer ya sobat. Jaringan komputerpun saling terhubung antara komputer satu dengan komputer yang lain nya. Dengan begitu, komputer dapat berbagi data dan informasi melalui jaringan tersebut.

Setelah membaca definisi diatas, dapat kita simpulkan bahwa Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat berkomunikasi  satu sama lain melalui media jaringan secara bersama-sama untuk tujuan sharing data dan perangkat





2. Macam - Macam Jaringan Komputer


a. Berdasarkan Area nya

1). PAN (Personal Area Network)











PAN atau Personal Area Network adalah sebuah jaringan Personal atau Pribadi yang dapat menghubungkan komputer dengan Perangkat pendukung komputer seperti mouse dan keyboard.
Jangkauan dari PAN biasanya sangat kecil hanya beberapa meter saja






2). LAN (Lokal Area Network)








LAN atau Lokal Area Network adalah sebuah jaringan yang cakupan area nya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.

3). MAN (Metropolitan Area Network)











MAN atau Metropolitan Area Network adalah Sebuah jaringan yang menggabungkan antara LAN satu dengan LAN yang lainya. Bisa dalam antar kota sekalipun. MAN merupakan jaringan yang dibekali kecepatan transfer data yang tinggi.



4). WAN (Wide Area Network)











WAN atau Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang berskala besar, mencakup antar negara. bisa dibilang Wan adalah gabungan dari beberapa MAN.





b. Berdasarkan Fungsinya.

1). Peer To Peer









Jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server.



2). Client - Server








Berbeda halnya dengan Peer to Peer, Client server mempunya tugas masing - masing. Yaitu Server yang bertugas sebagai penyedia layanan yang akan digunakan oleh Client. Sedangkan Client bertugas sebagai pemakai atau penikmat layanan yang diberikan Oleh Server



 

 

E. Kesimpulan

Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung sehingga bisa saling membagi data dan informasi. Jaringan komputer terbagi kedalam beberapa jenis diantaranya adalah Jaringan komputer berdasarkan areanya yang terdiri dari Jaringan PAN, LAN, MAN dan WAN. Sedangkan Jaringan komputer berdasarkan fungsinya terdiri dari Jaringan Peer to Perr dan Client - Server.

F. Penutup

 

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam postingan kali ini, semoga bisa
bermanfaat bagi Sobat IT semua

Terimakasih, Wassalamualaikum Wr. Wb

0 comments: