Jenis - Jenis Komputer





A. Pendahuluan


Assalamualaikum Wr.Wb..
Selamat Sore Sobat IT, Selamat datang di blog saya. Blog ini khusus membahas seputar Teknologi dan Informasi. Dan pada postingan kali ini saya akan sharing kepada Sobat IT semua yaitu tentang Pengertian komputer dan Jenis – jenis komputer. Selamat Membaca ya sob..

 

 

B. Latar Belakang

Perkembangan Teknologi pada masa sekarang ini sudah sangat cepat dan maju, salah satunya adalah teknologi komputer. Komputer pada masa sekarang ini sudah bukan barang yang asing dan mahal lagi, pada saat ini hampir disegala bidang membutuhkan komputer sebagai alat bantu, karena memiliki kelebihan yaitu dari segi kecepatan dan ketelitian. Sehingga dengan kebutuhan konsumen yang semakin meningkat, diciptakanlah berbagai jenis komputer yang salah satunya seperti yang ada pada pembahasan kali ini.

C. Maksud Dan Tujuan

Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui / memahami tentang komputer dan jenis – jenis nya. Dengan membaca tulisan ini diharapkan kita bisa lebih memahami teknologi informasi, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang menguasai teknologi dan informasi.

D. Pembahasan

Pengertian Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin yaitu “computare”  yang artinya menghitung ya sob. Karena memang sebelumnya komputer ini digunakan sebagai alat hitung sebelum akhirnya komputer menjadi Multifungsi. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Jenis – Jenis Komputer
Jenis Komputer Berdasarkan Data yang diolah



(1).Komputer Analog
Komputer analog merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannnya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis. Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer




(2). Komputer Digital
Komputer Digital adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif (sangat banyak jumlahnya).
Contoh : Calculator, Apple IIe, IBM PC




(3). Komputer Hybrid
Komputer Hybrid merupakan Gabungan dari Komputer analog dan komputer digital, yaitu bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Contoh dari komputer jenis ini adalah komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik.
Komputer berdasarkan ukuran nya.

(1). Komputer ukuran super (Super Computer)
Jenis komputer ini merupakan jenis komputer paling bertenaga. Aplikasi yang dipakai dalam super komputer pun memiliki kecederungan untuk penggunaan penelitian ilmiah. Jenis super komputer ini unggul dalam hal kecepatan jika dibandingkan dengan komputer biasa.

(2). Komputer ukuran besar (Mainframe)
Mainframe adalah istilah Teknologi Informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada kelas tertinggi dari komputer yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.

(3). Komputer ukuran sedang (Mini Computer)
Jenis komputer selanjutnya adalah mini computer. Jenis mini computer ini lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan komputer mainframe. Komputer jenis ini dikembangkan sejak tahun 1960-an. Cakupan penggunaan komputer jenis ini lebih luas jika dibandingkan dengan komputer jenis mainframe. Mengenai pengoperasiannya, komputer jenis ini lebih mudah dibandingkan dengan komputer mainframe




(4). Komputer ukuran kecil (Micro Computer)

Komputer Mikro adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer.





5. Menurut Bentuk dan Ukuran Fisik

Klasifikasi Komputer Menurut Ukurannya merupakan pembagian jenis komputer dilihat dari sudut pandang bentuk dan ukuran fisik, dimana dibedakan atas 6 jenis, yaitu Tower (Menara), Desktop (Meja), Portable, Notebook, Subnotebook, dan Palmtop. Dan perlu diketahui bahwa komputer yang berukuran kecil tidak berarti kemampuannya juga kecil/lemah, malah bisa jadi sebaliknya  ya sob.




C. Jenis Komputer berdasarkan penggunaan nya

(1).   Special Purpose Computer, adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Selain itu digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan.

(2).  General Purpose Computer,  digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).




 

E. Kesimpulan

Komputer adalah peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Komputer terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis pertama yaitu berdasarkan data yang diolah, yaitu Komputer Analog, Komputer Digital dan Komputer Hybrid. Jenis yang kedua yaitu berdasarkan ukuran nya yaitu Komputer ukuran super (Super Computer), Mainframe, Mini Komputer dan Micro Komputer. Kemudian yang selanjutnya adalah Menurut Bentuk dan Ukuran Fisiknya yaitu Tower (Menara), Desktop (Meja), Portable, Notebook, Subnotebook, palmtop, dll. Dan yang terakhir adalah berdasarkan penggunaanya yaitu Special Purpose Computer dan General Purpose Computer

 

 

F. Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Sobat IT semua. Tunggu postingan selanjutnya ya sob


Terimakasih,
Wassalamualaikum WR.WB.






0 comments: