Jenis - jenis kabel Transmisi yang digunakan dalam Jaringan

Gambar Kabel Jaringan

A.Pendahuluan

Assalamualaikum Wr.Wb.. Selamat malam.. Bagaimana kabar kalian?? semoga dalam keadaan sehat selalu ya..aamiin
Oke jadi pada kali ini saya akan sharing tentang tipe - tipe atau jenis - jenis kabel yang digunakan untuk sebuah jaringan Komputer..
Apa saja jenis - jenis kabel tersebut?? apa fungsi kabel??
untuk lebih lengkapnya mari simak penjelasan dibawah ini. Selamat membaca!!

B. Latar Belakang

Untuk menghubungkan antar komputer.. KIta bisa menggunakn kabel sebagai media transmisi nya. walaupun untuk saat ini sudah ada media transmisi yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang dikenal dengan wireless. namun untuk situasi tertentu mengharuskan penggunaan kabel sebagai media transmisi nya, ke stabilan kecapatan transfer dibanding dengan menggunakan wireless.
Oleh karena itu, sebelum kita terjun ke lapangan untuk menguhubungkan antar komputer dengan menggunakan kabel maka dari itu kita harus mengetahui nya terlebih dahulu mengenai jenis - jenis kabel nya supaya dalam pemilihan kabel dalam pemasangan nya akan menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan

C. Maksud Dan Tujuan

Adaun maksud dan tujuan saya menulis blog ini supaya kita mengetahui tentang fungsi kabel jaringan dan jenis - jenis jaringan

D. Pembahasan

1. Fungsi Kabel
Kabel ini berfungsi sebagai media transmisi data yang ditransmisikan dalam bentuk binner. Data - data seperti text, audio dan vidio akan bergerak melalui kabel sehingga antar node bisa saling berbagi data dan resource..

2. Jenis Kabel
Dalam penggunaannya, kabel jaringan komputer terdiri dari beberapa tipe yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, topologi jaringan, protokol dan ukuran jaringan komputer tertentu. Sebagai contoh, ada kabel jaringan komputer yang digunakan dalam jumlah sedikit (misalnya melalui Ethernet), namun ada pula penggunaan kabel jaringan komputer yang hampir tak terbatas (misalnya melalui interkoneksi internet). Contoh lainnya yakni sebuah kondisi dimana jaringan hanya mengijinkan satu jenis kabel saja yang dapat digunakan, atau ada pula kondisi lainnya yang justru menijinkan penggunaan kabel dengan cara kombinasi lebih dari satu jenis.

Ada beberapa tipe (jenis) kabel yang banyak digunakan dan menjadi standar dalam penggunaan untuk komunikasi data dalam jaringan komputer. Kabel-kabel ini sebelumnya harus lulus uji kelayakan sebelum dipasarkan dandigunakan.
Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum dan sering dipakai untuk LAN, yaitu coaxial dan twisted  pair unshielded twisted pair (UTP) dan STP (shielded twisted pair)

a. Kabel coaxial
Kabel coaxial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar di mana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar. Prinsip kerja Coaxial dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan.


 Dikenal dua jenis tipe kabel koaksial yang dipergunakan buat jaringankomputer, yaitu:
- thick coax (mempunyai diameter lumayan besar)
-thin coax (mempunyai diameter lebih kecil)


b. Twisted Cable
Selain kabel koaksial, Ethernet juga dapat menggunakan jenis kabel lain yakni UTP (Unshielded Twisted Pair) dan Shielded Twisted Pair (STP). Kabel UTP atau STP yang biasa digunakan adalah kabel yang terdiri dari 4pasang kabel yang terpilin.
cara kerja dari kabel Twisted Pair adalah dengan mengahantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan.
Kabel twisted pair ini terbagi atas jenis, yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded)
- Kabel UTP
Dalam aplikasinya tidak mendukung sebuah perlindungan atau proteksi dari kumpulan spiralnya. Karena tidak memilki perlindungan apapun pada bagian kabelnya, maka kabel jenis UTP ini memiliki kelemahan utama, yaitu sangat rentan dan juga sensitive terhadap voltase tinggi dan juga medan magnet. Kabel UTP banyak digunakan pada kabel jaringan telepon, dan juga jaringan LAN kecil

- STP (shilded Twisted pair)
Hampir sama dengan kabel FTP, kabel STP juga memiliki perlindungan di dalam lapisan kabelnya. Yang membedakan hanyalah bahan yang digunakan untuk melapisi susunan kabel twisted pairnya. STP juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.
Meskipun secara praktis kabel FTP dan juga kabel STP memilki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan UTP, namun demikian, kabel UTP masih menjadi favorit dalam penggunaannya di sebuah jaringan komputer. Hal yang membuat kabel UTP masih banyak digunakan adalah faktor ekonomis, dimana kabel jenis UTP memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kabel FTP dan jga STP. Hal ini menyebabkan kabel UTP masih menjadi pilihan pertama dalam pembuatan jaringan.
c. Fiber Optic Cable
Selain Coaxial dan Twisted, ada yang namanya Kabel FIber Optic. Kabel FIber optic ini adalah kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal antar terminal, sering dipakai sebagai saluran BACKBONE karenakehandalannya yang tinggi dibandingkan dengan coaxial cable atau kabel UTP. Karakteristik dari kabel ini tidak terpengaruh oleh adanya cuaca dan panas.
Fiber optik menunjukkan kualitas tinggi untuk berbagai macam aplikasi,hal ini di sebabkan:
- Dapat mentransmisi bit rate yg tinggi,
- Tidak sensitif pada gangguan elektromagnetik
- Memiliki Bit Error Rate (kesalahan) kecil
- Reliabilitas lebih baik dari kabel koaksial

Fiber optic dapat diterapkan dalam berbagai tempat dan kondisi tertentu.
Di wilayah kota, terdapat banyak lekukan dan saluran yang biasanyadipenuhi oleh kabel lain, sehingga pemasangan infrastruktur baruselalu dibuat dalam jumlah kecil, sehingga radius belokan fiber dankabel diusahakan tetap kecil. Kabel ini terpasang dalam bermacam-macam kondisi, seperti: di luar,dibawah tanah, di udara, dalam ruangan. Konsekuensinya banyakkondisi termal, mekanikal dan tekanan lain yang harus diterima. Oleh karena itu hindari kondisi banyaknya penyambungan, sehingga tidak memerlukanteknisi yang terlatih dan persiapan yang muda

E. Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari penjelasan diatas bahwa kabel merupakan media transmisi data.
Ada beberapa jenis kabel yang digunakan untuk sebuah jaringan yaitu sebagai berikut :
- Kabel coaxial
- Twisted Cable (UTP dan STP)
- Kabel Optik

F. Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat bagi sobat it semua.
Terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

1 comment: