Hari Pertama Training Cisco | Diaryku | Day1



Assalamualaikum Wr.Wb
A. PENDAHULUAN
Hallooo Selamat Malam SObat IT. Pada kali ini saya Ingin menjelaskan tentang apa itu CCENT? . Saya akan sharing kepada Sobat IT semua apa yang saya dapat ketika saya mengikuti Training CCENT di hari Pertama. Dan tentunya kegitan yang saya lakukan ini adalah pengalaman yang paling berharga dan tak akan pernah terlupakan ya.
tentunya akan menjadi sejarah bagi hidup saya. Yaitu pengalaman hari pertama mengikuti Training CISCO di Blc Telkom Klaten. Training CISCO ini dimulai dari hari Senin, 30 JUli 2018. Dan Training ini di ikuti oleh seluruh Peserta magang Blc Telkom KLaten ya Sobat. Lantas apa itu CCENT? Dibawah ini akan saya jelaskan tentang CCENT dan beberapa kegiatan saya saat saya mengikuti Training CCENT di hari pertama

1. Pengertian CCENT.
Apa itu CCENT?
CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician) yaitu program sertifikasi dikeluarkan oleh cisco yaitu vendor perangkat jaringan yang saat ini menjadi standar teknologi jaringan komputer di dunia. Dan ketika seseorang sudah memiliki CCENT maka dia dianggap sudah mampu mengelola jaringan menggunakan perangkat cisco. 

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Memperkenalkan Sertifikat CCNA dan manfaat ketika sudah memilikinya.

D. PEMBAHASAN

Nah sebelum meranah lebih jauh lagi mungkin dari kalian banyak yang belum kenal mengenai Cisco. Cisco adalah perusahaan di bidang IT dimana Cisco berkotribusi dalam hal Hardware dan Software. Cisco beradaa di San Jose, California, Amerika dan didirikan pada 1984. Cisco System (Cisco) menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia. 

Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah router, swicth, network access, IP telephony, keamanan, Jaringan fiber optik, jaringan data center, jaringan via sinyal, jaringan untuk rumah, dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan. Nah Cisco juga berkontribusi dalam hal pedidikan, yaitu Cisco Academy. Nah di Cisco Academy ini siswa diharapkan lebih awam mengenai Perangkat dari Cisco dan dapat mengunakan dan mengimplementasikannya dalam dunia nyata.
Di Cisco sendiri mengeluarkan beberapa sertifikasi seoerti CCENT, CCNA. Program sertifikasi CCNA dikeluarkan oleh cisco pada tahun 1998. Namun pada tahun 2007, cisco menambah kebijakan lagi dengan mengeluarkan program sertifikasi CCENT atau Cisco Certified Entry Network Technician sebagai jenjang alternatif yang bisa ditempuh untuk mengambil sertifikasi CCNA.
Ada banyak sekali jenis sertifikasi yang dikeluarkan oleh cisco. Namun yang paling populer adalah CCNA RS (Routing Switching).
Lalu apa manfaat mempunyai Sertifikat CCNA?
Manfaat memiliki sertifikat CCNA tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga bermanfaat bagi kamu yang saat ini sedang bekerja dan ingin memperoleh pendapatan yang lebih. Jadi ketika kamu memiliki sertifikat CCNA maka kamu akan sangat mudah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.
Dan untuk Cisco sendiri, tidak hanya CCNA saja, tetapi masih banyak sertifikat - sertifikat lainya seperti CCIE (expert). untuk CCIE ini tidak sembarang orang yang memilikinya, namun untuk dia yang pekerja keras dan pantang menyerah. Karena untuk mendapatkan sertifkat - sertifikat tersebut butuh perjuangan dan pengorbanan ya Sob. Tekad yang kuat serta usaha yang maksimal tentu tidak mentup kemungkinan bisa mendapatkan Sertifikat dari vendor perangkat jaringan ternama tersebut.
Dan itulah beberapa pengenalan - pengenalan di hari pertama training Cisco di Blc Telkom Klaten yang langsung dijelaskan oleh trainer handal dari Best Path Network (BPN). Karena di hari pertama training ini belum memasuki pada materi nya ya sobat. Namun beberapa pengenalan - pengenalan tentang apa itu Best Path Network, Apa itu Cisco, dan bagaimana Prospek Kerja setelah mendapatkkan Sertifkat cisco, Sangat menjanjikan dan sangat menggiurkan.
Dan Trainer pun menceritakan pengalaman nya tentang bagaimana Senang dan Pahitnya di Dunia Kerja dan beberapa tips yang harus dikuasai ketika masuk dunia kerja. Seperti Skill atau kemampuan, Atitude dan Cara berkomunikasi. Dan untuk Skill hanya dibutuhkan sekitar 20 persen saja, karena yang terpenting adalah Sikap atau Atitude, Ungkap sang Trainer.
Dan kami pun diberi kesempatan untuk bertanya kepada Trainer. Beberapa pertanyaan pun kami lontarkan, Salah satu contoh pertanyaan nya adalah "bagaimana tips ketika melamar pekerjaan?" kemudian sang Trainer pun memberikan sebuah solusi atas pertanyaan yang dilontarkan.
Intinya, di hari pertama training ccna ini sangat menyenangkan. Belum lagi sang trainer yang begitu solid dan menginspirasi.

F. PENUTUP
Sekian apa yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat it semua.
Terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb.

0 comments: