Bagaimana sejarah Awal mula Komputer hingga saat ini?


A. Pendahuluan

Assalamu`alaikum Wr.Wb..
Selamat Malam Sobat IT.. Selamat datang di Blog saya, blog ini khusus membahas seputar Teknologi Dan Informasi ya sob. Pada postingan kali ini saya mau sharing kepada Sobat IT semua yaitu tentang sejarah komputer dari generasi ke generasi. Silahkan di baca ya sob!!




B. Latar Belakang

Hal ini diulas dikarenakan masih banyak diantara Sobat IT sekalian yang masih belum tau bagaimana sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi sampai dengan saat ini.






C. Maksud Dan Tujuan

Tujuan nya yaitu agar kita lebih mengenal bagaimana Sejarah komputer dari generasi pertama sampai generasi ke lima.






 

D. Pembahasan

Saat ini teknologi komputer semakin canggih, setuju ya sob.. Komputer zaman now berbeda dengan komputer zaman old baik itu dari segi bentuk, kinerja serta komponen - komponen yang digunakan. Zaman Old, ukuran komputer sangat besar hampir mengsisi seluruh ruangan kamar. Namun seiring perkembangan zaman, kini komputer sudah bisa digenggam. Apakah Sobat IT pernah berfikir bagaimana proses nya? Proses Komputer sangatlah panjang ya sob, mulai dari ukuran komputer yang bisa memenuhi ukuran kamar  sampai komputer yang bisa digenggam. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut :

GENERASI KOMPUTER

Komputer Generasi KE-1.


Komputer generasi pertama dibuat satu tahun setelah indonesia merdeka ya sob, yaitu pada tahun 1946 dengan menggunakan tabung vakum.
Awal mulanya adalah ketika negara - negara mengeksploitasi untuk kebutuhan perang karena saat itu negara - negara di dunia sedang terjadi perang dunia ke 2.
Salah satu contoh nya yaitu ketika pihak inggris merancang sebuah projek yang dinamakan collossus. Collassus ini berfungsi sebagai pemecah kode rahasia yang pada saat itu adalah milik Jerman.
Kemudian pada perkembangan selanjutnya peran Amerika Serikat sangat terlihat dalam proses tercipta nya komputer, yaitu ketika Pemerintah Amerika Serikat melakukan kerjasama dengan University Of Pennsylvania yang menciptakan Electronik Numerical Integrator And Computer (ENIAC). ENIAC ini adalah komputer serbaguna (General purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding mark i.
Yang selanjutnya adalah UNIVAC (Universal Automatic Computer) , Merupakan komputer komersial pertama yang dipakai oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk digunakan dalam menghitung sensus penduduk dan sebagai komputer pertama yang dibuat untuk tujuan aplikasi bisnis.

b. Komputer Generasi KE-2

Yang sebelumnya menggunakan tabung vakum, kini komputer sudah menggunakan transistor pada sirkuit nya. Transistor adalah sebuah alat elektronik yang kecil di mana fungsinya adalah untuk mentransfer sinyal-sinyal listrik melalui perintang.
Selain menggunakan Transistor, Komputer generasi kedua juga lebih simpel, ringan, murah, tahan lama dan mudah digunakan ya sob.
Dan Komputer generasi kedua ini menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner

c. Komputer Generasi KE-3

Setelah terciptanya Komputer dengan transistor ternyata masih ada kekurangan ya sob. Yaitu transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Namun lagi - lagi ilmu pengetahuan menyelesaikan semuanya. Jack Kick Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.lby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuan memasukan komponen - komponen kedalam suatu chip sehingga ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pada Komputer generasi ke 3 pun sudah mengenal Sisitem Operasi.

d. Komputer Generasi KE-4.

Setelah IC (Integrated Circuit), Tujuan pengembangan jadi semakin lebih jelas. Yaitu memperkecil ukuran komponen - komponen elektrik. Kemudian dibangunlah yang nama nya Large Scale Integration (LSI). LSI ini dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Selanjutnya Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemapuan tersebut bisa meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Selain itu juga mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Sehingga memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah.

e. Komputer Generasi KE-5.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Salah satu contoh proyek generasi kelima adalah ICOT (Institute for new Computer Technology) yang digarap oleh negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima yaitu Jepang.

 

 

 

E. Kesimpulan

Komputer mengalami beberapa perubahan yang dimulai dengan Komputer generasi pertama hingga generasi ke lima. Dimulai dengan komputer generasi pertama yang menggunakan Tabung Vakum pada sirkuitnya, dilanjut dengan Komputer generasi kedua yang menggunakan Transistor kemudian mengalami perubahan kembali hingga komputer generasi ke lima yang bisa digenggam dan dibawa kemana - mana.

 

 

 

F. Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk Sobat IT sekalian. Tunggu postingan selanjutnya ya sob!!
Terimakasih,
Wassalamu`alaikum WR.WB.






0 comments: