Apa Itu Sistem Komputer?



A. Pendahuluan

Assalamualaikum WR.WB.
Hallo Sobat IT..
Selamat datang di blog saya, blog ini khusus membahas seputar Teknologi dan Informasi. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Sistem  komputer. Selamat membaca ya sob!

 

 B. Latar Belakang

Komputer pada masa sekarang ini sudah menjadi sebuah perangkat yang paling banyak digunakan di berbagai industri maupun dalam kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Hal tersebut tidak bisa kita pungkiri karena memang pada kenyataannya komputer telah banyak mendominasi kemajuan teknologi yang ada sekarang ini. Selain digunakan dalam pekerjaan, komputer juga sering digunakan sebagai media hiburan seperti misalnya streaming secara online maupun bermain game.
Dalam penggunaannya, kita seringkali mendengar istilah Hardware, Software, dan juga Brainware. Ketiga hal tersebut sering disebut juga dengan istilah Sistem Komputer, yang mana ketiganya saling membutuhkan demi berjalannya sebuah proses komputing atau penggunaan komputer.

 

 

C. Maksud Dan Tujuan

Adapun tujuan saya menulis artikel ini yaitu supaya kita memahami konsep dasar sistem komputer

 

 

D. Pembahasan

1. Pengertian Sistem Komputer







Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa yunani (sustuma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.
Jadi, apa yang dimaksud dengan Sistem komputer?
Sistem komputer merupakan sekumpulan perangkat-perangkat komputer yang mana saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain yang mana berguna untuk melakukan proses pengolahan data pada komputer. Sehingga nantinya dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Perangkat yang terdapat pada sistem komputer diantaranya hardware, software dan brainware.

a. Hardware (perangkat keras)
Hadrware adalah Perangakat yang secara fisik dapat dilihat dengan kasat mata dan dapat disentuh oleh tangan manusia.
Hardware umumnya terbagi kedalam 4 (empat) bagian, diantaranya :

1). Perangkat Masukan (Input device)









Input device merupakan perangkat pada hardware komputer yang fungsinya sebagai alat untuk memasukkan data-data atau perintah pada komputer. Misalnya seperti Keyboard, mosuse, web cam, scanner dan lain-lain.


2). Perangkat Processing (Processing Device)
Processing device yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk memproses data yang berasal dari input device untuk kemudian dihasilkan menjadi sebuah data yang diinginkan melalui output device.


3). Perangkat Keluaran (Output Device)








Output device adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menampilakan data yang telah diproses sebelumnya.
Contoh nya adalah : Monitor, Speaker, Printer, dll.



4). Perangkat penyimpanan (Storage Device)
Data atau instruksi yang telah diinput pada sistem komputer melalui unit input terlebih dahulu di simpan pada unit storage sebelum benar-benar diproses.

Pada komputer storage device umumnya dibagi menjadi dua bagian yaitu internal dan eksternal.
Internal storage misalnya harddisk, harddisk umumnya memiliki kapasitas yang lebih besar karena digunakan sebagai media penyimpanan utama pada komputer, sedangkan untuk media penyimpanan sementara saat melakukan proses pada data yaitu RAM (Random Access Memory). Lalu External Storage yaitu perangkat keras untuk melakukan penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data di luar dari media penyimpanan utama. Misalnya harddisk external, DVD, flashdisk dan lain-lain.

b. Software (Perangkat Lunak)
Software diartikan juga sebagai perangkat lunak, jadi perangkat ini tidak memiliki bentuk fisik seperti hardware. Software terbagi menjadi tiga macam, yaitu : Operating System (Sistem Operasi), Program Aplikasi (Aplication Program), Utility Program (Program Tambahan )

c. Brainware (Pengguna Komputer)
Brainware yaitu orang yang menjalankan atau mengoperasikan sebuah komputer. Pengguna komputer umumnya dibagi kedalam 4 (empat) macam, yang diantaranya: Programer, Sistem Analis, Administrator dan Operator





E. Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, kita tentunya mengetahui bahwa sistem komputer terdiri dari tiga komponen utama yang memiliki tugas yang berbeda. Tentunya juga kita mengetahui ada banyak jenis dari hardware, software dan juga brainware.

 

 

F. Penutup

Sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, Semoga bisa bermanfaat untuk Sobat IT semua.

Terimakasih,
Wassalamualaikum WR.WB.

0 comments: