APA ITU OS/Operating System?






 

 

A. Pendahuluan



Assalamualaikum Wr.Wb.
Hallo Sobat IT! Selamat malam ya sobat. Pada postingan kali ini saya akan sharing kepada Sobat IT semua yaitu tentang Operating System (OS). Yang akan dibahas kali ini yaitu Pengertian Sistem Operasi, Cara kerja sistem operasi dan Macam - macam Sistem Operasi. Selamat membaca ya Sobat.






B. Latar Belakang

Sistem Operasi merupakan bagian terpenting dalam sebuah Komputer. Karena Sistem Operasi meruakan salah satu bagian dari Sistem komputer yang saling terintegrasi antara satu dengan yang lainya. Jika tidak ada Sistem Operasi maka Komputer tidak akan bisa digunakan.





 

C. Maksud Dan Tujuan

Adapun tujuan saya menulis tulisan ini supaya kita mengenal Sistem Operasi. mulai dari pengertian Sistem Operasi, Macam - macam sistem operasi dan Cara kerja sistem operasi





D. Pembahasan


1. Pengertian Sistem Operasi

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai Sistem Komputer, kali ini saya akan membahas mengenai Sistem Operasi. Seperti apa yang sudah kita ketahui pada postingan sebelumnya bahwa pada dasarnya agar komputer dapat digunakan haruslah terdiri dari suatu kesatuan sistem yang terdiri dari 3 komponen utama, yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (user/pengguna).

Ketiga komponen sistem komputer tersebut dibutuhkan dalam sebuah kesatuan yang utuh untuk menjalankan komputer agar dapat berfungsi. Tanpa adanya salah satu komponen, mustahil komputer dapat digunakan. Hardware tanpa software hanya seonggok rangkaian semikonduktor tak berarti, software tidak akan dapat digunakan tanpa adanya hardware. Selain itu, peran brainware sangatlah penting untuk bisa memberikan perintah yang kemudian akan di proses oleh komputer itu sendiri





2. Cara kerja Sistem Operasi








Sistem operasi bisa dikatakan merupakan program yang menghubungkan semua komponen sistem komputer tersebut. Sistem operasi dapat diibaratkan sebuah jembatan yang menghubungkan antara brainware, software dan hardware agar dapat saling berkomunikasi. Sebuah sistem operasilah yang mengatur hardware komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara brainware dengan hardware. Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan hardware untuk berbagai program aplikasi yang digunakan brainware. Dapat dikatakan sistem operasi berfungsi sebagai manajemen aplika






3. Fungsi Sistem Komputer
Sebagai suatu perangkat lunak dalam komputer, sistem operasi memiliki beberapa fungsi penting dan tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsinya. Beberapa fungsi utama dari sistem operasi adalah sebagai berikut :

1. Menjalankan operasi dasar
2. Mengatur kerja hardware dan software
3. Wadah program atau aplikasi
4. Menyajikan tampilan
5. Mengkoordinasi kerja perangkat komputer
6. Mengoptimalkan fungsi perangkat komputer
7. Mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program






4. Macam - Macam Sistem Operasi
      Saat ini, sistem operasi modern telah menggunakan antarmuka pengguna grafis (disebut GUI). Melalui GUI, Anda dapat menggunakan mouse untuk klik ikon, tombol, dan menu. Selain itu, GUI menampilkan semua informasi pada komputer menggunakan kombinasi grafis dan teks.
Berikut macam - macam sistem operasi :


a. WINDOWS (MICROSOFT WINDOWS)
Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan tahun 1980-an. Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan menggunakan sistem antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

Sampai hari ini sudah terdapat banyak versi Windows, tetapi versi-versi yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (dirilis pada tahun 2012), Windows 7 (dirilis pada tahun 2009), dan Windows Vista (dirilis pada tahun 2007).

b. UNIX
Unix adalah metode operasi pertama yang pernah diciptakan. Unix adalah metode operasi yang diciptakan oleh perusahaan AT&T, General Electric, dan MIT di tahun 1965 untuk DARPA. Unix merupakan OS yang banyak digunakan di komputer supercomputer dan mainframe, atau lebih tepatnya di perusahaan besar yang menggunakan super computer untuk mengelola data yang sangat besar.

c. LINUX
Sistem operasi Linux adalah metode operasi open source yang populer di kalangan masyarakat dunia dengan tingkat kepopuleran di bawah Windows dan Mac OS. Karena bersifat open source pengguna bebas mengoptimalkan metode operasinya sendiri.

d. MAC OS.
Sistem operasi ini dikeluarkan oleh industri komputer Apple yang disebut Mac atau Macintosh


 

 

E. Kesimpulan

      Sistem Operasi adalah sebuah software yang berfungsi jembatan atau penghubung antara brainware dengan hardware. Dan Sistem Operasilah yang mengelola dan mengontrol seluruh aktivitas yang dijalankan oleh brainware.
Ada beberapa jenis - jenis sistem operasi yang diantaranya adalah Windows, Unix, Linux dan Mac OS.


 

 

 F. Penutup

      Sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk Sobat IT semua.

Terimakasih,
Wassalamualaikum WR.WB.

0 comments: